Wanita adalah seorang pribadi yang dibebani kewajiban-kewajiban sebagaimana laki-laki. Maka wajib baginya untuk mencari ilmu tentang kewajiban-kewajiban yang dibebankan padanya agar ia dapat menunaikan itu dengan keyakinan.

Ketahuilah wahai muslimah, bahwa keluarnya wanita untuk menuntut ilmu adalah boleh (yang jika dia tidak mempelajari ilmu itu maka ibadahnya akan mengalami cacat). Islam memberikan adab-adab kepada wanita ketika keluar rumah untuk menuntut ilmu. Adapun adab-adab yang paling penting yang diwajibkan kepada seorang wanita apabila keluar rumah untuk menuntut ilmu dan selainnya adalah:

1. Senantiasa memakai hijab dan busana yang syar’i.
Allah Ta’ala berfirman (Qs. an-Nuur : 31):
“Janganlah mereka para wanita menampakkan perhiasan mereka kecuali yang biasa nampak daripadanya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung-kerudung mereka diatas dada mereka”.

2. Tidak menampakkan perhiasan.
Firman Allah (Qs. al-Ahzab:33)
“Janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang terdahulu..”
Nabi Shallahu’alaihiwasallam bersabda:
“Dua golongan ahli neraka yang aku tidak pernah melihat keduanya adalah satu kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi. Mereka memukuli manusia dengan cambuk itu. Dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang. Mereka menyimpang dari kebenarandan condong pada kejelekan. Kepala mereka seperti punuk onta yang miring. Mereka tidak akan masuk syurga dan tidak akan mendapatkan baunya syurga. Sesungguhnya bau syurga benar-benar dapat tercium dari jarak perjalanan sebegini dan sebegini” (HR. Muslim)

3. Tidak memakai wangi-wangian.
Abu Musa Al-Asy’ari Radhiyallahu’anhuma berkata bahwa Rasulullah shallahu’alaihiwasallam bersabda:
“Wanita mana saja yang memakai wangi-wangian kemudian melewati suatu kaum agar mereka mendapatkan/mencium baunya, maka ia adalah pezina’. (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasa’i)

<http://jilbab.or.id/archives/194-syarat-dan-adab-menuntut-ilmu-bagi-muslimah/>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *