Allah SWT menciptakan langit dan bumi  ini dengan presisi. Tidak ada yang kebetulan, tidak ada yang tidak sengaja, tidak ada yang sia-sia, tidak ada wajah-wajah kebetulan, semuanya presisi.

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS At Tiin [95]: 4)

Allah juga sudah mengatur rezeki dengan beres, seperti dalam firman-Nya berikut,
Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya…” (QS Huud [11]: 6)

Allah Maha Baik, makanya Dia membuat banyak perintah agar kita bahagia. Semua perintah Allah membawa kita bahagia dan semua Allah melarang beberapa hal karena Allah tahu ini bisa membuat kita celaka. Banyak hal yang sepertinya tidak mungkin tapi sangat mungkin bagi Allah karena pengetahuan dan kemampuan-Nya meliputi segalanya. Jadi bagi orang yang tahu Allah Ar-Rosyiid maka doanya adalah: “Robbana aatiina mukaromah wa hayi’ lana min amriina rosyada (Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.)” (QS Al Kahfi [18]: 10)

Hati Lurus dan Ikhtiar Maksimal
Jadi fokus hidup kita saat ini adalah melakukan apa yang Allah sukai. Sesuai dengan janji Allah, nanti kita diilhamkan di mana rezeki kita, di atur kita dikasih ilmunya diatur ketemu dengan siapa. Nanti hati juga akan merasa tenang, pahala melimpah dan berkah.

Saudaraku yang baik, makanya  jangan su’udzon kepada kepahitan, jangan su’udzon kepada situasi pelik karena pasti ada rahasia Allah dibalik semua kepahitan. Ada dosa yang tidak bisa ditebus kecuali dengan sakit, disakiti, nelangsa atau kesedihan.

Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,” (QS Al Hadiid [57]: 22-23)

Fokus berbuat baik, dengan hati yang lurus, ikhtiar maksimal, apapun yang terjadi dihadapi saja, karena hitungan di sisi Allah tidak akan meleset. Bersikap jujur, bukan kerena sesuatu atau ke makhluk, tapi karena Allah. Jadi hidup sekarang ini tidak usah ribet karena semua sudah ada yang mengatur dan mengurus.

KH. Abdullah Gymnastiar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *