Jika seorang hamba telah ridho dengan ketetapan Allah, maka hatinya akan terasa akan lapang. Allah Yang Maha Tahu tentunya paling mengetahui segala yang terbaik untuk kita. Allah memberikan segala sesuatunya sesuai dengan kondisi kita. Hendaknya kita tidak membatasi doa-doa kita hanya pada sesuatu yang menurut kita baik.

Sesuatu yang menurut kita baik sebenarnya belum tentu yang terbaik di mata Allah. Jadi, daripada berdoa agar kita diperjodohkan dengan “fulanah”, agar kita diberikan jabatan tertentu, agar ini dan agar itu yang semua sifatnya duniawi, akan jauh lebih utama ketika kita berdoa agar diberikan hal yang paling baik, hal yang dapat mendekatkan kita kepadaNya. Jika seorang hamba mengejar kedekatan dengan Allah, pasti hatinya akan terasa lapang.

Sebagai bagian dari upaya kita dalam meraih ridhoNya, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Pertama, senantiasa menjaga agar ibadah bagus. Hal ini mencakup baik ibadah wajib maupun sunah, termasuk ketepatan waktu pelaksanaannya. Yang kedua adalah berjuang agar kita memiliki hidup yang lurus dengan melakukan yang Allah suka dan meninggalkan yang Allah benci. Salah satu contohnya adalah ketika kita dihadapkan pada pilihan bersikap; jujur tetapi dibenci orang atau berbohong demi penilaian orang lain. Untuk apa kita memilih pilihan yang akan menempatkan kita bersama kegelisahan? Sekali kita memilih jalan yang sulit, meskipun sakit dan tidak disukai orang, sesungguhnya kesakinahan yang akan dilimpahkan Allah tidak akan tergantikan.

Selanjutnya, kita dapat berikhtiar secara serius. Bahkan, Nabi Muhammad SAW yang sudah mendapat jaminan Allah pun tetap bekerja keras dan profesional dalam setiap perannya. Kita pun harus berikhtiar dengan sungguh-sungguh. Dalam pekerjaan, profesionalisme yang kita praktikkan semestinya bukanlah agar naik jabatan, dan lainnya, melainkan karena Allah.

Mari kejar ridho Allah, berusaha agar Allah menyukai kita dan berkenan untuk dekat dengan kita agar segala urusan kita dimudahkan dan hidup kita menjadi lapang. Insya Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *