Banyak pengertian tentang tangguh dalam hidup, dalam bahasan kali ini yang dibahas adalah tangguh dalam pengertian spiritual. Yang sering membuat orang disebut tidak tangguh adalah ketika tidak kuat menghadapi ketetapan-ketetapan Allah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh kita agar menjadi muslim/muslimah yang tangguh.

Tips yang pertama adalah tahu persis apa tujuan hidup kita. Kalau tujuannya sudah tidak jelas, kita cenderung tidak terarah dan ngawur. Sementara ketika kita sudah mengidentifikasi dengan pasti apa tujuan hidup kita, kita akan beraktivitas dan berdedikasi dengan lebih baik. Misalnya, saat kita menentukan tujuan akhir adalah ridha Allah yang berbuah surga. Jika itu tujuan kita, maka kita akan mencari tahu apa saja yang bisa menuntun kita pada ridha Allah yang akan menuntun kita ke surga. Setelah tahu, kita juga akan lebih termotivasi menjalankannya.

Tips yang kedua adalah memahami sifat-sifat Allah. Pemahaman akan sifat Allah ini akan menjadi kunci bagi kita menjalani setiap ketetapan Allah yang ditetapkan untuk kita. Misalnya kita tahu sifat Allah yang Qudrat atau berkuasa. Jika kita memahaminya, ketika kesulitan dan ujian hadir, seharusnya kita lebih mudah untuk ikhlas karena memang Allah lah yang berkuasa atas segala sesuatu. Dengan memahami sifat Allah, kita akan menjadi lebih ringan menjalani ketetapan-ketetapanNya.

Tips yang ketiga, penuhi hati dengan Allah. Usahakan agar hati kita dipenuhi dengan Allah karena ketika hati kita dipenuhi oleh hal-hal selain Allah, kita cenderung tidak bahagia dan resah. Keresehan dan ketidakbahagiaan itu bisa berbuntut pada tindakan-tindakan yang tidak disukai Allah. Maka berdzikir tetap selalu menjadi kunci untuk mendapatkan ketenangan. Orang yang tenang akan lebih konsentrasi dan fokus, sehingga pencapaiannya akan lebih baik dibanding orang yang tidak tenang.

Mari bersama berlomba menjadi seorang hamba Allah yang tangguh!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *