Mengenal Cita Rasa Samosa, Kudapan Khas Uzbekistan yang Dimasak Secara Tradisional

Samosa (juga dieja sebagai samsa, somsa, atau samuza) adalah makanan khas Uzbekistan. Bagi masyarakat Uzbekistan, Samosa termasuk dalam makanan kudapan, namun untuk wisatawan dari luar negeri, Samosa termasuk makanan berat karena terbuat dari tepung yang berisi kentang dan daging dan berukuran besar.

Di negara-negara pecahan Uni Soviet, seperti Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, serta di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang di Tiongkok, Samosa hampir selalu dipanggang. Samosa dipanggang dalam tungku tradisional, dari tanah liat.

Samosa Uzbekistan adalah ratu masakan Uzbekistan. Merupakan hidangan panggang lezat masakan Uzbekistan untuk liburan dan kehidupan sehari-hari, dengan berbagai isian untuk memenuhi semua selera.

Bahan mentahnya adalah adonan tepung dan sudah ada sejak hampir 5000 tahun lalu, di masa pemerintahan Gilgamesh, penguasa Sumeria dan konon katanya resepnya tidak berubah sampai sekarang. Hmm… Terbayang rasanya, yummi!

Isian Samosa tradisional yang paling umum adalah campuran daging domba cincang dan bawang bombay, tetapi jenis ayam, daging sapi cincang, dan keju juga cukup umum ditemukan di pedagang kaki lima. Samosa dengan isian lain, seperti kentang atau labu (biasanya hanya jika sedang musimnya), juga bisa ditemukan.

Makanan ini memiliki beberapa keunikan, antara lain:

1. Isi yang Beragam:
– Samosa adalah pastri berlapis yang diisi dengan berbagai bahan. Biasanya, isinya terdiri dari daging (domba, ayam, atau sapi), sayuran (labu, kentang, atau bawang), jamur, telur, kacang polong, atau bahkan bahan manis.
– Namun, seperti banyak hidangan Uzbekistan, keunikan sebenarnya terletak pada rempah-rempah yang digunakan. Zira (kumin), merica hitam dan merah, serta biji wijen (yang menutupi bagian atas samosa) memberikan cita rasa khas pada pastri ini.

2. Cara Memasak yang Tradisional:
– Dahulu kala, samosa hanya dimasak dalam oven tandir (oven tanah liat khas Asia Tengah) di atas bara arang. Samosa yang dipanggang dalam tandir memiliki rasa dan aroma khusus. Isinya terdiri dari potongan daging, bawang, dan sedikit lemak dari ekor domba.
– Saat ini, beberapa jenis samosa dimasak dalam oven gas atau listrik, yang lebih cepat dan praktis, tetapi tetap mempertahankan kualitas aslinya. Namun di daerah pedesaan cara memasak di Tanah liat masih banyak juga ditemukan.

3. Versi Manis:
– Selain samosa gurih, ada juga samosa manis yang diisi dengan selai buah. Di atasnya, samosa manis biasanya diberi taburan gula atau biji wijen.
– Samosa manis sering disajikan bersama teh.

Jadi, jika sahabat mengunjungi Uzbekistan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi samosa yang lezat ini! πŸ‡ΊπŸ‡ΏπŸ₯Ÿ

 

Informasi Wisata Hikmah Uzbekistan terdekat, hubungi Hotline Wisata Hikmah di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *