TOP 3 OBJEK WISATA DI MAROKO

Ingin berkunjung ke Maroko?

Pastikan bahwa 3 objek wisata ini sudah ada di daftar itinerary kalian:

  1. El Bahia Palace

Dibangun pada abad ke-19 selama 14 tahun, istana ini memiliki ukiran yang sangat indah, hasil perpaduan arsitektur Islam dan Maroko. Detail dekorasi dimulai dari lantainya yang dilapisi marmer Carrara putih hingga langit-langitnya yang terbuat dari zouak (kayu lukis) yang rumit. Sementara halaman yang luas dicat dengan warna biru muda dan kuning.

Pembangunan dan dekorasi awal Istana Bahia dimulai oleh Vizier Si Moussa pada tahun 1860-an dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1894 sampai 1900 oleh Abu ‘Bou’ Ahmed, seorang budak kulit hitam yang berhasil meraih kekuasaan sebagai vizier baru.

Lalu, tahun 1908, Istana Bahia ini beralih fungsi, dari semula sebagai sebuah istana menjadi tempat untuk menghibur tamu-tamu dari Prancis. Namun saat ini Istana Bahia berfungsi sebagai kantor milik pemerintah. Dan menariknya, sebagian dari delapan hektar komplek istana terbuka untuk umum. Termasuk 150 ruangan yang bebas dikagumi keindahannya oleh warga sipil.

  • Masjid Hasan II, Maroko

Bangunan ini memiliki menara pencakar langit setinggi 210 meter atau sekitar 689 kaki dan mampu menampung sekitar 25 ribu jamaah di bagian dalam dan 80 ribu pada bagian pelantaran luarnya. Tidak heran jika Masjid Hasan II ini disebut sebagai masjid terbesar ketiga di dunia, setelah Masjid Al-Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid ini mulai dibangun tahun 1980 dan didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Tujuan awal dibangunnya Masjid Hasan II ini adalah untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko, Hassan II. Dengan bangunannya yang menjorok ke samudra Atlantik membuatnya terlihat seakan akan berada di tengah laut.

Istimewanya, sebagian lantai masjid terbuat dari kaca tebal sehingga umat Muslim yang beribadah atau sujud dapat melihat langsung ke dalam laut Samudera Atlantik. Masya Allah.

  • Djeema El Fna

Adalah ikon wisatanya Maroko yang tak pernah tidur karena selalu sibuk dengan transaksi perdagangannya. Pusat pasar ini berada di seberang Masjid Koutoubiya. Berderet kereta kuda dan bus tingkat wisata yang ngetem menjadi pertanda jalan masuk ke area Djemaa El Fna. Karena keunikannya, Djemaa El Fna dimasukkan dalam UNESCO Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Ciri khas dari Djeema El Fna adalah bentuknya yang bak labirin dengan warna serupa yakni merah. Selain itu, warung makan dengan menu tradisional Maroko seperti Cuscus sampai gaya western menjadi pilihan. Kebanyakan makanan besar ini ada di kedai-kedai di pinggir lapangan. Dan menu khas dari pasar ini adalah tersedianya teh dengan daun mint yang melimpah. Ah, rasanya terasa segar dari sekarang!

Ingin melihat 3 objek wisata tersebut secara langsung?

Yuk, hubungi Wisata Hikmah yang siap melayani perjalanan Sahabat di nomor 0852-8910-2222/ 0812-1812-3311

Let’s go around the globe with Wisata Hikmah!

SANLAT LIBURAN 2019, ALTERNATIF PENGISI LIBURAN PENUH MANFAAT

PUNCAK BOGOR (DT JAKARTA), Daarut Tauhiid Event Organizer kembali mengadakan kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) Liburan di Grand Cempaka Resort & Convention Bogor dengan peserta usia SD dan SMP-SMA. Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari (untuk SMP-SMA) dan 3 hari (untuk SD – dua gelombang) ini bervisi untuk menanamkan karakter BAIK dan KUAT untuk anak. Karakter BAIK terdiri dari: Jujur, Ikhlas, Tawadhu, dan karakter KUAT terdiri dari: Berani, Disiplin, Tangguh.

Bagaimana dengan waktu yang singkat bisa terwujud visi tersebut? Aranta, PJ DTEO, memaparkan bahwa kuncinya ada pada membiasakan peserta Sanlat dengan powerful routine (shalat berjamaah tepat waktu, rawatib, tahajud, dhuha, sedekah, dan tilawah). Selain itu peserta juga diminta bergiliran untuk adzan dan iqomah, serta sharing ilmu. Diharapkan para peserta Sanlat tetap membawa kebiasaan baik tersebut setelah pulang ke rumah. Selain dipandu oleh Class Leader yang mumpuni, peserta Sanlat juga disuguhi dengan kelas klasikal interaktif dengan menghadirkan pemateri yang hadir dengan ilmu yang dibutuhkan sesuai dengan kelompok usia masing-masing. Kegiatan Sanlat dilengkapi dengan berbagai permainan outbond, camp craft, dan olahraga Sunnah memanah yang menyenangkan. Acara Sanlat diakhiri dengan momen yang tidak terlupakan bagi tiap peserta dan juga orang tua, yakni momentum Muhasabah dan Birrul Walidain (berbakti pada orang-tua).

Di samping itu, peserta Sanlat yang dibagi menjadi beberapa kelompok ini, didampingi oleh satu kakak fasilitator untuk masing-masing kelompok. Mereka berperan sebagai orang terdekat bagi peserta selama kegiatan Sanlat, memastikan keamanan para peserta Sanlat, mencukupi kebutuhan yang diperlukan selama kegiatan, memberikan solusi ketika ditanya, dan membimbing dalam mentoring kelompok serta hafalan ayat Qur’an.

Komentar positif datang dari para orang tua, karena meskipun berjauhan dengan ananda tercinta, mereka masih bisa memantau ananda melalui live streaming dan dokumentasi kegiatan yang rutin disuguhkan melalui sosial media DTEO. Para orangtua dan Ananda pun dipersilakan untuk berkomunikasi melalui call center DTEO.  “Acaranya sangat rapi, baru pertama kali ikut sangat berkesan,” begitu komentar ibu Susanti, salah satu orang tua peserta. “Event Sanlatnya bagus, sangat bermanfaat. Mudah-mudahan bisa lebih berkembang lagi,” ujar ibu Chyntia Wulanayu yang putrinya juga ikut menjadi peserta Sanlat.

Respon sebagian besar peserta pun sangat positif, meskipun kebanyakan dari mereka ikut karena diminta oleh orangtua. Beberapa bahkan rutin menjadi peserta setiap DTEO mengadakan kegiatan Sanlat. “Ditunggu event berikutnya ya, anak saya Ihsan kelompok 7 ingin ikut lagi katanya,” tulis Ibu Setyo Budhiarti. “Ditunggu event-nya lagi ya kak. Anak saya Abyan kel 8 Alhamdulillah senaang sekali,” tulis ibu Shinta di laman sosial media DTEO.

Sanlat yang menjadi agenda utama DTEO diadakan 3 kali dalam setahun, yaitu Sanlat Ramadhan, Sanlat Liburan, dan Sanlat Akhir Tahun. Tertarik untuk menyertakan Ananda menjadi peserta Sanlat selanjutnya?

WISATA HIKMAH TURKI 14-24 NOVEMBER 2019

ITINERARY WISATA HIKMAH TURKI

PERIODE 14-24 NOVEMBER 2019

HARI 1
Flight Jakarta-Istanbul, transit di Dubai

HARI 2: ISTANBUL (L, D)
Setelah tiba di Istanbul pkl 08.25 pagi, maka akan bertemu dengan Local Guide dan mengunjungi beberapa destinasi seperti Blue Mosque, Hippodrome, Topkapi Palace termasuk Islamic Relics, makan siang di restoran, check in di hotel dan melanjutkan perjalanan ke Ayyub Al Ansari Mosque & Tom. Makan malam di restoran dan kembali lagi ke hotel.

HARI 3: ISTANBUL, BURSA, KUSADASI (B,L,D) 
Sarapan akan disediakan di hotel, kemudian menuju Kusadasi via Osmangazi Bridge melalui Bursa, dan mengunjungi Uludag Mountain untuk Free Snow Time (+Cable Car). Makan siang akan dilakukan di restoran lokal, setelah itu mengunjungi Green Mosque & Tomb, Silk Market & Turkish Delight Shop, lalu Scenery Drive ke Kusadasi dan menginap di hotel kota Kusadasi.

HARI 4: KUSADASI, PAMUKKALE (B, L, D)
Setelah sarapan, maka tour akan dilanjutkan ke Ephesus Ancient City, Isa Bey Mosque, Turkish Leather Outlet dan lanjut ke Pamukkale dan mengunjungi Hierapolis Ancient City & Cotton Castle, kemudian peserta akan menginap di Pamukkale.

HARI 5: PAMUKKALE, KONYA, DAN CAPPADOCIA (B, L, D)
Di hari ini, peserta trip akan menuju Cappadocia dan juga akan mengunjungi Mevlana Museum, Photostop Sultanhani Caravansarai dan menginap di Cappadocia.

HARI 6: CAPPADOCIA DAN AMASYA (B, L, D)
Sarapan kembali disediakan di hotel dan setelah sarapan, trip akan dilanjutkan ke Ozkonak Underground City, Goreme Valley, Avanos Pottery Village dan juga mengunjungi Pigeon Valley, Uchisar Castle Village, Turkish Handicraft & Carpet Manufacturer. Di hari ini, peserta akan mengunjungi kota Amasya dan menginap di Amasya.

HARI 7: AMASYA DAN ANKARA (B, L, D)
Tujuan destinasi hari ini adalah menuju King Rock Tombs, Sultan Beyazid Complex dan Buyuk Aga Madrasah. Makan siang akan disajikan di restoran lokal dan akan ada exterior photo shop by Amasya Castle & Riverside Ottoman Houses. Setelah itu menuju Ankara dan menginap di Ankara.

HARI 8: ANKARA DAN ISTANBUL (B, L, D)
Di hari ini, kita akan kembali menuju Istanbul, mengunjungi Hagia Sophia Museum, dan tour Bosphorus. Di hari ini peserta akan menginap di Istanbul.
 
HARI 9 (B, L, D)
Setelah sarapan, akan ada kunjungan ke Grand Covered Bazaar untuk free shopping time. Kemudian melanjutkan ke Ataturk International Airport dan menuju Jakarta.

HARI 10
Tiba di Jakarta.

Noted: Jadwal perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu

BIAYA PAKET

Biaya perjalanan Rp 22.500.000/ orang
DP: Rp 10.000.000/ orang
PROMO CASHBACK: Rp 500.000/ orang, hingga 31 Juli 2019

Harga termasuk:
	Tiket Pesawat PP Jakarta-Istanbul
	Hotel bintang 4, kamar tipe double
	Konsumsi selama tour
	Transportasi selama tour

Harga belum termasuk:
	Visa (Rp 450.000/ orang)
	Tiping (USD 40/ orang)
	Balon udara 

PERSYARATAN VISA TURKI
	Nama lengkap orang tua
	Alamat tempat tinggal
 
AKAD DAN KETENTUAN

Dengan ini menyetujui segala persyaratan dan ketentuan Wisata Hikmah seperti di bawah ini, yaitu:

1.	Peserta beresiko tinggi (risti) dan atau berusia di atas 60 tahun harus didampingi oleh keluarga yang sehat dengan usia dibawah 60 tahun. 
2.	Peserta harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.
3.	Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
4.	DP sebesar Rp 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah)/ orang pada saat pendaftaran di Wisata Hikmah.
5.	Pelunasan wajib dibayarkan 45 hari sebelum keberangkatan sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.
6.	Apabila pendaftaran yang dilakukan kurang dari 45 hari sebelum tanggal keberangkatan, biaya perjalanan harus dibayar lunas.
7.	Persyaratan pendaftaran mengirimkan copy passport dengan masa berlaku minimal 8 bulan sebelum keberangkatan.
8.	Pendaftaran atau pembatalan dapat dilakukan melalui WA atau email.

PEMBATALAN

Bila terjadi sesuatu yang tidak terduga bagi calon peserta Wisata Hikmah dan terpaksa membatalkan diri, maka biaya pembatalan sebagai berikut: 

1.	Pembatalan yang dilakukan oleh pihak peserta 45 hari sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp 10.000.000/ orang.
2.	Pembatalan 45 hari - 7 hari sebelum keberangkatan atau pada saat hari keberangkatan akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 100% dari biaya tour.
3.	Biaya visa tidak dapat direfund.

PROSEDUR PEMBAYARAN
Ada beberapa pilihan pembayaran:
1.	Transfer ke rekening CIMB Niaga Syariah atas nama Daarut Tauhiid Jakarta (kode antar bank: 022). No rekening: 5170 1000 69005. Bukti pembayaran mohon kirim melalui WA ke 0852 8910 2222 atau email ke wisatahikmah@dtjakarta.or.id
2.	Membayar langsung ke admin Wisata Hikmah DT Jakarta di Yayasan DT Jakarta, Jl. Cipaku 1 No 18, Keb Baru Jakarta Selatan 12170. Waktu operasional: Senin-Jumat pkl 08.00 – 17.00 WIB.
ITINERARY WISATA HIKMAH TURKI
PERIODE 14-24 NOVEMBER 2019
HARI 1
Flight Jakarta-Istanbul, transit di Dubai
HARI 2: ISTANBUL (L, D)
Setelah tiba di Istanbul pkl 08.25 pagi, maka akan bertemu dengan Local Guide dan mengunjungi beberapa destinasi seperti Blue Mosque, Hippodrome, Topkapi Palace termasuk Islamic Relics, makan siang di restoran, check in di hotel dan melanjutkan perjalanan ke Ayyub Al Ansari Mosque & Tom. Makan malam di restoran dan kembali lagi ke hotel.
HARI 3: ISTANBUL, BURSA, KUSADASI (B,L,D)
Sarapan akan disediakan di hotel, kemudian menuju Kusadasi via Osmangazi Bridge melalui Bursa, dan mengunjungi Uludag Mountain untuk Free Snow Time (+Cable Car). Makan siang akan dilakukan di restoran lokal, setelah itu mengunjungi Green Mosque & Tomb, Silk Market & Turkish Delight Shop, lalu Scenery Drive ke Kusadasi dan menginap di hotel kota Kusadasi.
HARI 4: KUSADASI, PAMUKKALE (B, L, D)
Setelah sarapan, maka tour akan dilanjutkan ke Ephesus Ancient City, Isa Bey Mosque, Turkish Leather Outlet dan lanjut ke Pamukkale dan mengunjungi Hierapolis Ancient City & Cotton Castle, kemudian peserta akan menginap di Pamukkale.
HARI 5: PAMUKKALE, KONYA, DAN CAPPADOCIA (B, L, D)
Di hari ini, peserta trip akan menuju Cappadocia dan juga akan mengunjungi Mevlana Museum, Photostop Sultanhani Caravansarai dan menginap di Cappadocia.
HARI 6: CAPPADOCIA DAN AMASYA (B, L, D)
Sarapan kembali disediakan di hotel dan setelah sarapan, trip akan dilanjutkan ke Ozkonak Underground City, Goreme Valley, Avanos Pottery Village dan juga mengunjungi Pigeon Valley, Uchisar Castle Village, Turkish Handicraft & Carpet Manufacturer. Di hari ini, peserta akan mengunjungi kota Amasya dan menginap di Amasya.
HARI 7: AMASYA DAN ANKARA (B, L, D)
Tujuan destinasi hari ini adalah menuju King Rock Tombs, Sultan Beyazid Complex dan Buyuk Aga Madrasah. Makan siang akan disajikan di restoran lokal dan akan ada exterior photo shop by Amasya Castle & Riverside Ottoman Houses. Setelah itu menuju Ankara dan menginap di Ankara.
HARI 8: ANKARA DAN ISTANBUL (B, L, D)
Di hari ini, kita akan kembali menuju Istanbul, mengunjungi Hagia Sophia Museum, dan tour Bosphorus. Di hari ini peserta akan menginap di Istanbul.

HARI 9 (B, L, D)
Setelah sarapan, akan ada kunjungan ke Grand Covered Bazaar untuk free shopping time. Kemudian melanjutkan ke Ataturk International Airport dan menuju Jakarta.
HARI 10
Tiba di Jakarta.
Noted: Jadwal perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu
BIAYA PAKET
Biaya perjalanan Rp 22.500.000/ orang
DP: Rp 10.000.000/ orang
PROMO CASHBACK: Rp 500.000/ orang, hingga 31 Juli 2019
Harga termasuk:
 Tiket Pesawat PP Jakarta-Istanbul
 Hotel bintang 4, kamar tipe double
 Konsumsi selama tour
 Transportasi selama tour
Harga belum termasuk:
 Visa (Rp 450.000/ orang)
 Tiping (USD 40/ orang)
 Balon udara
PERSYARATAN VISA TURKI
 Nama lengkap orang tua
 Alamat tempat tinggal

AKAD DAN KETENTUAN
Dengan ini menyetujui segala persyaratan dan ketentuan Wisata Hikmah seperti di bawah ini, yaitu:
Peserta beresiko tinggi (risti) dan atau berusia di atas 60 tahun harus didampingi oleh keluarga yang sehat dengan usia dibawah 60 tahun.
Peserta harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.
Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
DP sebesar Rp 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah)/ orang pada saat pendaftaran di Wisata Hikmah.
Pelunasan wajib dibayarkan 45 hari sebelum keberangkatan sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.
Apabila pendaftaran yang dilakukan kurang dari 45 hari sebelum tanggal keberangkatan, biaya perjalanan harus dibayar lunas.
Persyaratan pendaftaran mengirimkan copy passport dengan masa berlaku minimal 8 bulan sebelum keberangkatan.
Pendaftaran atau pembatalan dapat dilakukan melalui WA atau email.
PEMBATALAN
Bila terjadi sesuatu yang tidak terduga bagi calon peserta Wisata Hikmah dan terpaksa membatalkan diri, maka biaya pembatalan sebagai berikut:
Pembatalan yang dilakukan oleh pihak peserta 45 hari sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp 10.000.000/ orang.
Pembatalan 45 hari – 7 hari sebelum keberangkatan atau pada saat hari keberangkatan akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 100% dari biaya tour.
Biaya visa tidak dapat direfund.
PROSEDUR PEMBAYARAN
Ada beberapa pilihan pembayaran:
Transfer ke rekening CIMB Niaga Syariah atas nama Daarut Tauhiid Jakarta (kode antar bank: 022). No rekening: 5170 1000 69005. Bukti pembayaran mohon kirim melalui WA ke 0852 8910 2222 atau email ke wisatahikmah@dtjakarta.or.id
Membayar langsung ke admin Wisata Hikmah DT Jakarta di Yayasan DT Jakarta, Jl. Cipaku 1 No 18, Keb Baru Jakarta Selatan 12170. Waktu operasional: Senin-Jumat pkl 08.00 – 17.00 WIB.

Formulir Pendaftaran Sanlat Gen BaKu Liburan 2019

Silahkan mengisi formulir di bawah ini:

Kemudian lakukan pembayaran melaui transfer ke:

CIMB Niaga Syariah (kode 022)

86000-164-0000

an Daarut Tauhiid

mohon tambahkan “8” di belakang nominal pembayaran

contoh: Rp1.350.008

Setelah melakukan pembayaran, harap lakukan konfirmasi pembayaran melalui link berikut: Konfirmasi Pembayaran Sanlat Gen BaKu Liburan 2019.

Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat (Sanlat Gen BaKu) Liburan 2019

Bismillahirrahmanirrahim, Ayah bunda. Alhamdulillaah Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO) kembali melaksanakan Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat Liburan (Sanlat Gen BaKu Liburan ) untuk ananda tercinta.

Pesantren Kilat untuk tingkat SD, SMP dan SMA yang akan dibagi menjadi dua kategori:

a) Tingkat SD

b) Tingkat SMP SMA

Yuk, jadikan liburan ananda lebih berkesan dengan pengalaman dan teman baru di acara Pesantren Kilat ini 😊

Tanggal Pelaksanaan

SD Gel. 1: 30 Juni – 2 Juli 2019

SD Gel. 2: 3 – 5 Juli 2019

SMP/A: 30 Juni – 5 Juli 2019

Lokasi Kegiatan

Grand Cempaka Resort and Convention

Jalan Raya Puncak Pass km 17, Cipayung, Bogor – Jawa Barat

Materi Pembelajaran

1. Powerful routines (sholat tepat waktu, rawatib, tarawih, tahajjud, dhuha, sedekah dan tilawah)

2. Kelas klasikal dengan metode interaktif

3. MQ for kids and teens

4. Mentoring

5. Halaqah dan menghafal Al Qur’an

6. Olahraga sunnah: memanah

7. Outbound

8. Campcraft

Fasilitas

1. Akomodasi selama sanlat

2. Transportasi Jakarta-Bogor (PP)

3. Sanlat Kit (Slayer, Tas Serut, Handbook, Pulpen, Pin, Luggage Tag)

4. Konsumsi

5. Sertifikat

Investasi

SD: Rp 1.300.000

SMP/SMA: Rp 2.300.00

Biaya pendaftaran Rp. 50.000 (akan di Donasikan untuk Program Wakaf Pembangunan Pesantren Daarut Tauhiid Serua, Ciputat, Tangerang Selatan)

Registrasi Ulang dan Meeting Point

Masjid Daarut Tauhiid Jakarta

Jalan Cipaku 1 No. 43, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan

Formulir Pendaftaran

Silahkan mengisi formulir pendaftaran melalui Link berikut: Formulir Pendaftaran Sanlat Gen BaKu Liburan 2019

Rekening Pembayaran

Pembayaran dilakukan melalui transfer ke rekening:

CIMB Niaga Syariah (kode 022)

86000-164-0000

an Daarut Tauhiid

mohon tambahkan “8” di belakang nominal pembayaran

contoh: Rp1.350.008

Konfirmasi Pembayaran

Bagi ayah bunda yang sudah melakukan pembayaran, harap melakukan konfirmasi pembayaran melalui link berikut: Konfirmasi Pembayaran Sanlat Gen BaKu Liburan 2019

Batas Pendaftaran

Pendaftaran ditutup pada hari Jum’at, 22 Juni 2019.

Atau lebih cepat jika kuota sudah terpenuhi.

Informasi

Untuk pertanyaan dan informasi lainnya silahkan hubungi kami di 0852-8910-1111 atau klik tautan berikut WA DT Event Organizer

Inspirasi Kebaikan: Sebarkan hanya kebaikan dan syi’ar Islam di beranda media sosial

media sosial ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan waktu bagi kita umat muslim untuk membina diri melalui amalan, perbaikan sikap dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dimurkai Allah, termasuk banyak hal-hal sepele yang terlontar melalui ucapan baik langsung atau lewat media sosial yang berpotensi merusak ibadah puasa tanpa kita sadari. Termasuk dalam ikhtiar menaikkan level puasa apabila kita bisa mempuasakan mata kita dari berinteraksi dengan sosial media terlalu lama.

Namun, “Teknologi adalah karunia dan ujian dari Alloh, bisa memudahkan kita untuk memperbanyak kebaikan atau memperbanyak dosa.” Begitu pesan guru kita KH. Abdullah Gymnastiar.

Alangkah baiknya jika keberadaan media sosial digunakan secara bijak untuk #SyiarkanKebaikan di bulan Ramadhan

Bagaimana caranya? Simak 5 tips #SyiarkanKebaikan melalui media sosial di bawah ini

Pertama, Ubah Pola Pikir.

Berpikir panjang saat menulis setiap kata dan kalimat dalam tulisan di jejaring sosial media kita

Pertimbangkan manfaat yang penulis maupun pembaca lainnya dapatkan dari sebuah tulisan yang kita kirimkan.

Apalagi ketika berpuasa; nafsu, kemarahan, dan keluh kesah harus menjadi faktor utama yang harus dikendalikan untuk tidak dibagikan lewat media sosial.

Ingat, sebagai seorang hamba, kelak setiap yang kita perbuat termasuk tulisan di media sosial akan dipertanggungjawabkan kepada Allah Swt.

Kedua, Pilih Input yang baik.

Satu ungkapan terkenal mengatakan “You are what you read”.

Apa yang kita baca mempengaruhi pikiran yang akan menentukan keputusan dan tindakan kita.

Setiap hari kita tidak bisa menghindari jutaan informasi, berbagai status dan komentar di beranda media sosial yang belum tentu membawa manfaat baik kepada pembacanya.

Untuk itu, secara bijak kita perlu memilih siapa yang jadi teman dan kita ikuti update-nya di jejaring media sosial, Informasi yang baik dan berguna untuk dibaca akan memberikan dampak positif terhadap diri kita

Ketiga, Kurangi Porsi Menggunakan Media Sosial Saat Ramadhan

Bukan tidak boleh aktif di media sosial, namun hindari menggunakannya secara berlebihan. Jangan sampai  kegiatan berselancar di media sosial, chat, streaming, dan sebagainya membuat kita lalai dan lupa waktu untuk ibadah kepada Allah, apalagi di bulan yang detik demi detiknya berharga. Rugi!

Atur waktu agar gadget dan lainnya dapat dijauhkan ketika sedang beribadah, buka puasa dan sahur bersama keluarga. Manfaatkan informasi-informasi menarik tentang ramadhan melalui media sosial serta aplikasi yang dapat membantu ibadah.

Keempat, Hindarkan Media Sosial Dari Hal-Hal Yang Haram

Segala muatan yang mengandung unsur konten negatif, seperti: pornografi, kejahatan, dengki, kesombongan, kemarahan, permusuhan,sumpah serapah dan lainnya, merupakan suatu hal yang haram dan bertolak-belakang dengan semangat Ramadhan.

Kelima, #SyiarkanKebaikan

Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk berbagi dan menyebarkan syiar Islam melalui media sosial. Bagikan konten positif, tunjukkan inspirasi citra Islam yang santun dan rahmatan lil ‘alamin. Dengan begitu, kita menggunakan media sosial sebagai alat untuk memperbanyak amal kebaikan. Semoga menjadi amal shalih dan menambah pahala di bulan dimana dilipatgandakan pahala. Aamiin Yaa Rabbal ‘alamiin

Humas DT Jakarta

Amalan Istimewa di Bulan Ramadhan

aagym amalan istimewa di bulan ramadhan
aagym amalan istimewa di bulan ramadhan
Aagym-Amalan istimewa di bulan Ramadhan

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah Swt. Dialah Dzat Yang Maha Kuasa atas segalanya, tiada yang mampu menciptakan seluruh alam ini dengan segala isinya dan mengurusnya selain Dia. Dialah pula yang masih memberikan kita kesempatan untuk menyambut bulan yang paling kita rindukan, yaitu bulan Ramadhan. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad saw, atas perjuangan beliaulah, cahaya Islam yang penuh keadilan dan keselamatan ini sampai kepada kita,

Hari berganti hari, tak terasa hari-hari Ramadhan sedang kita jalani. Bagi kita yang setiap tahun melalui Ramadhan, tidak seharusnya menjadikannya rutinitas ritual formal yang hampa dari nilai, yang dilakukan untuk sekedar menggugurkan sebuah kewajiban. Sebab jika demikian, puasa Ramadhan tidak mempunyai imbas apapun dalam perbaikan jiwa yang bersangkutan.

“…Sungguh sangat terhina dan rendah seseorang yang datang kepadanya Ramadhan kemudian bulan tersebut berlalu sebelum diampuni untuknya (dosa-dosanya)…” (HR. Tirmidzi)

Ramadhan bulan Istimewa

Ramadhan ini sebaiknya berbeda dengan ramadhan yang lalu. Caranya sedherhana: Ramadhan itu bulan istimewa, hari demi harinya istimewa, jam demi jam-nya istimewa. Maka jangan melakukan kecuali yang istimewa, pastikan setiap kita melakukan sesuatu dengan niat istimewa Lillahi ta’ala.

Kalau ada sampah di hadapan, kita biarkan atau ambil?

Kalau ada yang menghina, kita balas atau kita diamkan?

Kalau mau makan, kita habiskan sendirian, atau berbagi dengan yang lain?

Nah seperti itulah contoh dan amalan yang istimewa yang perlu kita terapkan di bulan Ramadhan, dengan niat untuk meraih ridha Allah.

Fastabiqul Khairat

Ramadhan adalah bulan yang sangat tepat untuk fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan). Berlomba-lomba melaksanakan kebaikan lebih baik daripada hanya sekedar melakukan kebaikan, ibarat orang yang sedang lomba lari maka akan lebih cepat daripada orang yang latihan lari biasa. Begitu besarnya keutamaan bulan Ramadhan ini, sehingga rugi jika tidak kita gunakan untuk berlomba dalam kebaikan.

“Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan” (H.R. Tirmidzi)

Putus Harapan dari Makhluk (Ikhlas)

Dari semua yang di atas tadi, yang paling istimewa adalah melakukan sesuatu tanpa mengharap apapun dari Allah Swt. Itulah Ikhlas. Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak menyertakan kepentingan pribadi atau imbalan duniawi dari apa yang dapat ia lakukan. Konsentrasi orang yang ikhlas cuma satu, yaitu bagaimana agar apa yang dilakukannya diterima oleh Allah Swt. Jadi misalnya ketika sedang memasukan uang ke dalam kotak infaq, maka fokus pikiran kita tidak dilihat orang, tapi pikiran kita terfokus bagaimana agar uang yang dinafkahkan itu diterima di sisi Allah.

Buah apa yang didapat dari seorang hamba yang ikhlas itu? Seorang hamba yang ikhlas akan merasakan ketentraman jiwa, ketenangan batin. Betapa tidak? Karena ia tidak diperbudak oleh penantian untuk mendapatkan pujian, penghargaan, dan imbalan. Kita tahu bahwa penantian adalah suatu hal yang tidak menyenangkan. Begitu pula menunggu diberi pujian, juga menjadi sesuatu yang tidak nyaman. Lebih getir lagi kalau yang kita lakukan ternyata tidak dipuji, pasti kita akan kecewa. Tapi bagi seorang hamba yang ikhlas, ia tidak akan pernah mengharapkan apapun dari siapapun, karena kenikmatan baginya bukan dari mendapatkan, tapi dari apa yang bisa dipersembahkan.

Masya Allah, bayangkan, jika kita melakukan segala sesuatu di bulan Ramadhan dengan niat dan amalan istimewa, disertai dengan semangat fastabiqul khairat dan keikhlasan, insya Allah kita bisa mempersembahkan pahala terbaik di bulan terbaik ini. Aamiin Yaa Rabbal ‘aalamiin.

Kiat Ramadhan Penuh Makna

kiat ramadhan penuh makna


Sahabat, Sya’ban semakin bergegas meninggalkan perputaran waktu. Ia pun akan segera digantikan dengan bulan baru. Tak terasa kedatangan Ramadhan tiba. Menjadi bagian dari sendi waktu setiap manusia. Aroma kedatangannya melingkupi seluruh penjuru langit dan bumi. Semua ciptaanNya pun kian mempersiapkan diri untuk menyambut mesra kedatangan bulan ini. Sebagai seorang muslim, sudah selayaknya kita sambut dengan gembira, Marhaban Yaa Ramadhan.

Senang, sebab Ramadhan menjanjikan segalanya, khususnya memberi “bonus pahala” kepada kita dalam beribadah. Bahagia, karena hampir semua orang berlomba dalam memperbanyak amalan baiknya. Sehingga, peluang untuk berbuat dan menyaksikan maksiat otomatis berkurang.

Maklum, saat Ramadhan, dari mulai anak-anak, remaja, sampai bapak-ibu, kakek-nenek, semua berlomba mencari pahala. Yang sebelumnya jarang ke masjid untuk shalat, tiba-tiba saat Ramadhan ramai memakmurkan masjid. Kegiatan tadarus dan membaca Al-Qur’an selepas Isya, juga mampu mengalihkan perhatian sebagian besar umat Islam dari lagu-lagu yang selama ini jadi favoritnya. Ya, Ramadhan memang mampu memberi nuansa yang berbeda dengan bulan lainnya. Itu sebabnya, bulan Ramadhan selalu disambut gempita oleh kaum muslimin. Masya Allah…

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (H.R. Ahmad)

Nah, Sahabat. Maukah Ramadhanmu berbeda dari Ramadhan sebelumnya? Agar terjaga puasa kita, lebih baik dan penuh makna ramadhan kita, kami hadirkan beberapa tips:

Pertama, jaga kondisi tubuh.

Caranya? Olahraga adalah alternatif paling mudah. Istirahat cukup, tetapi jangan berlebihan (jangan terlalu banyak tidur) Menjaga kondisi tubuh tentu tujuannya agar kita bisa sukses menjalani puasa satu bulan penuh tanpa sakit, insya Allah.

Kedua, perbanyak aktivitas amal sholeh.

Semakin banyak aktivitas, semakin cepat waktu berlalu. Aktivitas di sini adalah yang berkaitan dengan pelaksanaan amal baik kita; seperti tarawih berjamaah di masjid diusahakan tanpa putus, tadarus Al-Qur’an minimal satu hari satu juz, membuat atau ikut acara sanlat, menghadiri kuliah subuh, dauroh Ramadhan, kajian Islam, dan lain-lain. Pastikan niatnya adalah dalam rangka mencari pahala dan ridha Allah semata.

Ketiga, hindari perbuatan maksiat, baik yang terang-terangan maupun tersembunyi.

Terus terang, kalau menahan lapar, insya Allah kita kuat. Tetapi, untuk urusan menahan hawa nafsu, ini yang perlu kuat ikhtiar. Tapi, ya namanya juga manusia, tempatnya lupa dan salah. Adakalanya kita tanpa terasa atau bahkan sengaja berbuat dosa. Aduh, bisa-bisa menguap pahala puasa kita, bahkan hanya dapat lapar dan dahaga saja. Naudzubillah min dzalik.

“Apabila seseorang dari kamu sedang berpuasa pada suatu hari, janganlah berbicara tentang perkara yang keji dan kotor. Apabila dia dicaci maki atau diajak berkelahi oleh seseorang, hendaklah dia berkata: Sesungguhnya hari ini aku berpuasa, sesungguhnya hari ini aku berpuasa.” (HR Bukhari Muslim)

Keempat, hilangkan aktivitas yang miskin manfaat bagi puasa kita.

Menonton TV atau berselancar media sosial? Ya, meski aktivitas itu tergolong mubah alias boleh-boleh saja dilakukan, tetapi kalau seharian bagaimana? Sahabat, puasa bukan berarti menghambat aktivitas kita yang lain. Sehingga inginnya di rumah saja. Itu kurang bermanfaat, dan yang pasti bisa membuat Ramadhan kita tidak nikmat dan bermakna. Ayo, jangan sia-siakan bonus pahala dari Allah.

Kelima, #SyiarkanKebaikan di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan selalu identik dengan Islam dan kaum muslimin. Nah, agar kebaikan di bulan ini sempurna, niatkan segala aktivitas baik yang kita lakukan sebagai syi’ar dakwah Islam. Inilah momen yang tepat untuk setiap individu muslim menggambarkan islam rahmatan lil ‘alamin

Itulah tips menjadikan bulan Ramadhan kita penuh makna. Siapkan segala bekal untuk terjun di medan yang penuh pahala, sekaligus tantangan. Inilah kesempatan kita untuk memperbaiki kualitas amal dan sekaligus memperbanyak amal shalih. Sahabat siap?