Apa golongan darahmu Sahabat? A, B, AB, atau O? Sudah pernah donor darah?

Sistem golongan darah ABO ini ditemukan oleh Karl Landsteiner yang tanggal lahirnya 14 Juni, dan memenangkan nobel sebagai sistem penetapan golongan darah utama.

Sejak tahun 2005, 14 Juni dicanangkan WHO sebagai Hari Donor Darah Sedunia, yang mana tahun ini di masa pandemi diusung dengan tema “Save blood saves lives” (Darah yang aman menyelamatkan nyawa).

Donor darah adalah bentuk kepedulian terhadap sesama. PMI melakukan pencatatan secara daring bagi pendonor dan memberikan Piagam Penghargaan bagi pendonor rutin. Kampanye solidaritas dalam menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan, empati dan kebaikan bagi pendonor sukarela.

Semangat menyelamatkan jiwa sesama merupakan motivasi yang harus dibangun agar pendonor tetap termotivasi untuk memberikan darahnya kepada sesama secara rutin. Terdapat komunitas pasien yang secara bawaan mempunyai usia sel darah yang lebih pendek sehingga secara rutin membutuhkan donasi darah untuk memperpanjang hidupnya. Selain itu, donor darah memberikan berbagai manfaat bagi pendonor.

Menyumbangkan darahnya kepada seseorang yang membutuhkan adalah pekerjaan kemanusiaan yang sangat mulia. Hal ini karena dengan mendonorkan sebagian darahnya berarti seseorang telah memberikan pertolongan kepada orang lain, sehingga seseorang selamat dari ancaman yang membawa kepada kematian.

Menyumbangkan darahnya dengan ikhlas kepada siapa saja termasuk amal kemanusiaan yang amat dianjurkan oleh Islam, dan dengan izin Allah akan berdampak pula pada adanya pahala. Seperti halnya orang memberi makan kepada orang lapar yang terancam akan mati. Hal ini sejalan dengan firman Allah swt dalam surah al-Maidah (5) ayat 32;

… dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.

Daarut Tauhiid Jakarta, sebagai pihak yang rutin mengadakan donor darah setiap 3 bulan sekali bekerja sama dengan Palang merah Indonesia (PMI), mengambil momentum ini untuk mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, para pahlawan kemanusiaan.

Jazaakumullah khairan katsiran

Semoga niat tulus ikhlas menolong sesama dibalas dengan pahala kebaikan oleh Allah Swt. Aamiin Yaa Rabbal ‘alamiin

www.dtjakarta.or.id

#donordarah
#haridonordarahsedunia
#savebloodsaveslife
#palangmerahindonesia
#daaruttauhiid
#daaruttauhiidjakarta

NB: Untuk sementara, di masa pandemi, DT Jakarta belum mengadakan donor darah bersama PMI lagi hingga kondisi diyakinkan aman dan terkendali, jamaah disarankan untuk berdonor ke Unit Donor Darah PMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *