PUNCAK BOGOR (DT JAKARTA), Daarut Tauhiid Event Organizer kembali mengadakan kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) Liburan di Grand Cempaka Resort & Convention Bogor dengan peserta usia SD dan SMP-SMA. Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari (untuk SMP-SMA) dan 3 hari (untuk SD – dua gelombang) ini bervisi untuk menanamkan karakter BAIK dan KUAT untuk anak. Karakter BAIK terdiri dari: Jujur, Ikhlas, Tawadhu, dan karakter KUAT terdiri dari: Berani, Disiplin, Tangguh.

Bagaimana dengan waktu yang singkat bisa terwujud visi tersebut? Aranta, PJ DTEO, memaparkan bahwa kuncinya ada pada membiasakan peserta Sanlat dengan powerful routine (shalat berjamaah tepat waktu, rawatib, tahajud, dhuha, sedekah, dan tilawah). Selain itu peserta juga diminta bergiliran untuk adzan dan iqomah, serta sharing ilmu. Diharapkan para peserta Sanlat tetap membawa kebiasaan baik tersebut setelah pulang ke rumah. Selain dipandu oleh Class Leader yang mumpuni, peserta Sanlat juga disuguhi dengan kelas klasikal interaktif dengan menghadirkan pemateri yang hadir dengan ilmu yang dibutuhkan sesuai dengan kelompok usia masing-masing. Kegiatan Sanlat dilengkapi dengan berbagai permainan outbond, camp craft, dan olahraga Sunnah memanah yang menyenangkan. Acara Sanlat diakhiri dengan momen yang tidak terlupakan bagi tiap peserta dan juga orang tua, yakni momentum Muhasabah dan Birrul Walidain (berbakti pada orang-tua).

Di samping itu, peserta Sanlat yang dibagi menjadi beberapa kelompok ini, didampingi oleh satu kakak fasilitator untuk masing-masing kelompok. Mereka berperan sebagai orang terdekat bagi peserta selama kegiatan Sanlat, memastikan keamanan para peserta Sanlat, mencukupi kebutuhan yang diperlukan selama kegiatan, memberikan solusi ketika ditanya, dan membimbing dalam mentoring kelompok serta hafalan ayat Qur’an.

Komentar positif datang dari para orang tua, karena meskipun berjauhan dengan ananda tercinta, mereka masih bisa memantau ananda melalui live streaming dan dokumentasi kegiatan yang rutin disuguhkan melalui sosial media DTEO. Para orangtua dan Ananda pun dipersilakan untuk berkomunikasi melalui call center DTEO.  “Acaranya sangat rapi, baru pertama kali ikut sangat berkesan,” begitu komentar ibu Susanti, salah satu orang tua peserta. “Event Sanlatnya bagus, sangat bermanfaat. Mudah-mudahan bisa lebih berkembang lagi,” ujar ibu Chyntia Wulanayu yang putrinya juga ikut menjadi peserta Sanlat.

Respon sebagian besar peserta pun sangat positif, meskipun kebanyakan dari mereka ikut karena diminta oleh orangtua. Beberapa bahkan rutin menjadi peserta setiap DTEO mengadakan kegiatan Sanlat. “Ditunggu event berikutnya ya, anak saya Ihsan kelompok 7 ingin ikut lagi katanya,” tulis Ibu Setyo Budhiarti. “Ditunggu event-nya lagi ya kak. Anak saya Abyan kel 8 Alhamdulillah senaang sekali,” tulis ibu Shinta di laman sosial media DTEO. Sanlat yang menjadi agenda utama DTEO diadakan 3 kali dalam setahun, yaitu Sanlat Ramadhan, Sanlat Liburan, dan Sanlat Akhir Tahun. Tertarik untuk menyertakan Ananda menjadi peserta Sanlat selanjutnya?

2 thoughts on “SANLAT LIBURAN 2019, ALTERNATIF PENGISI LIBURAN PENUH MANFAAT”

  1. Assalamualaikum, Mohon bisa dikirimkan jadwal sanlat berikutnya, ke email: ediwin. Siregar @gmail. Com, saya ingin daftarkan anak saya, Waalaikum salam Ediwin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *