Belajar Coding untuk Anak bersama Basic Coding Class DTEO

Skill Coding Melatih Kemampuan Problem Solving Anak

Bagi sebagian orang tua coding merupakan hal yang asing terdengar, namun tidak bagi generasi Z. Perkembangan teknologi digital menjadi hal yang wajib diketahui bila tidak ingin tertinggal zaman. Pada era industri 4.0, coding tidak hanya dipelajari oleh orang yang bekerja pada bidang IT, siapapun bisa mempelajarinya.

Manfaat Belajar Coding

Computational Thinking

Merupakan kemampuan berpikir yang terstruktur dan logis. Saat belajar coding, anak dapat belajar memahami konsep algoritma sederhana dan memecahkan masalah, sehingga kemampuannya akan berkembang.

Meningkatkan Kreativitas

Dalam belajar coding, kreativitas anak dapat meningkat dengan baik. Banyaknya variasi seperti memunculkan gambar, tulisan, suara dapat mendorong anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

Produktif

Anak dapat menghasilkan suatu produk ciptaannya sendiri, ketika belajar coding. Contohnya dalam aplikasi scratch, anak sudah dapat membuat game sederhana hasil karyanya sendiri. Bukankah ini lebih baik daripada mereka menghabiskan waktu ber-jam-jam untuk main game saja?

Softskill yang Paling Diminati

Tidak dipungkiri, kemampuan coding merupakan nilai tambah bagi anak yang sudah mempelajarinya. Meski, bisa saja bahasa pemrograman yang dipelajari saat ini, beberapa tahun kemudian sudah tak lagi digunakan, karena ketika menginjak langkah menjadi programmer profesional, ananda akan mengenal berbagai macam bahasa pemrograman yang berkali lipat lebih menantang.

Namun kemampuan dalam berpikir logis/ pengalaman menggunakan bahasa tertentu tetaplah bermanfaat sampai kapanpun. Prinsip berpikir logis inilah yang akan terus terpakai dan bermanfaat untuk kehidupannya.

Apa Saja yang Dipelajari?

Pada kelas ini, peserta akan belajar membuat program aplikasi dan game dengan menggunakan konsep sequencebinaryloops dan events. Anak-anak akan belajar bagaimana menganalisa sebuah masalah dan kemudian menyusun sebuah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Sambil belajar, anak-anak akan belajar membuat sebuah project game seperti Catch, MazeTreasure, dan lain – lain.

Belajar Menggunakan Blok Kode

Belajar coding menggunakan blok kode akan terasa menyenangkan sehingga anak-anak akan merasa senang dan nyaman dalam belajar. Menggunakan blok kode semudah menyusun puzzle sehingga anak-anak akan merasa tertantang untuk menyelesaikan projek yang diberikan.

Puluhan Kelas Sudah Berjalan Sejak 2021

DTEO Online Learning Center telah mengadakan berbagai macam kelas Coding sejak tahun 2021, di antaranya:

  • Basic Coding. Menggunakan Platform Scratch. Untuk usia 8-12 tahun
  • Apps Inventor. Menggunakan Platform MIT App Inventor. Untuk usia 13-17 tahun.
  • Phyton For Kids. Menggunakan Platform Phyton. Untuk usia 8-12 tahun.

Untuk program yang sedang berjalan, silakan daftar di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *