Public Speaking di Dunia Kerja, Seberapa Besar Manfaatnya?

Public Speaking dalam dunia Kerja
Public Speaking dalam dunia Kerja
Cakupan dari manfaat public speaking sangat luas. Seni berbicara ini tidak hanya ditemukan dalam aktivitas belajar dan kegiatan hiburan tetapi juga di dunia kerja. Pelajari kapan public speaking umum digunakan di dunia kerja melalui contoh di bawah ini:

1. Saat presentasi produk atau jasa
Sahabat pernah mendengar istilah pitching? Ini adalah aktivitas wajib bagi mereka yang memiliki peran penjualan atau pemasaran. Mereka akan menggunakan kemampuan public speaking untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa perusahaan secara meyakinkan kepada calon pelanggan. Dengan pitching yang baik, calon pelanggan akan membeli produk/jasa yang kita tawarkan.

2. Rapat perusahaan
Rapat, rapat, dan rapat. Benar sekali, jadwal rapat sudah menjadi kebiasaan para pebisnis. Dalam hal ini pertemuan dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.

Tentunya pembicara harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk dapat mengekspresikan dirinya dengan baik di hadapan karyawan, rekan kerja, atasan, atau bahkan pimpinan perusahaan, dan hal ini bisa dilakukan dengan memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni.

3. Pembicara di pertemuan bisnis
Pernahkah Sahabat menghadiri seminar, konferensi atau kegiatan serupa? Jika iya, tentu kita tahu bahwa dalam acara-acara tersebut kita mungkin akan sering ditunjuk sebagai perwakilan perusahaan untuk menyampaikan pendapatnya terhadap suatu isu yang sedang dibicarakan di forum.

Jika kemampuan public speaking kita bagus, tentu saja hal ini akan meningkatkan reputasi perusahaan yang kita wakili dalam pertemuan tersebut.

4. Pelatihan atau pelatihan
Jika Sahabat adalah seorang Coach, menguasai keterampilan berbicara di depan umum adalah suatu keharusan. Pasalnya, sebagai pembicara, kita harus berhadapan secara mendalam dengan para peserta pelatihan. Selain itu, kita perlu memastikan bahwa audiens dapat memahami materi secara efektif.

5. Wawancara (wawancara kerja)
Dengan kemampuan public speaking yang baik, kita akan dengan mudah menjawab berbagai pertanyaan dari pemberi kerja saat proses seleksi kerja lho. Jadi, pastikan Sahabat punya kemampuan komunikasi yang baik agar bisa memikat hati sang pemberi kerja!

6. Negosiasi
Negosiasi merupakan suatu proses interaktif antara dua pihak atau lebih untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh semua pihak. Dalam dunia kerja, negosiasi yang paling sering dilakukan adalah negosiasi gaji antara kandidat dan pemberi kerja.

Selama proses negosiasi, Sahabat harus belajar berbicara dengan terampil agar dapat menghasilkan argumen yang mudah diterima oleh seluruh peserta.

Bagaimana? Banyak ya urgensi kita sebagai seorang dewasa untuk mempelajari Public Speaking, karena sangat bermanfaat di dunia kerja.

Jika Sahabat ingin memulai perjalanan karir yang lebih baik dengan meningkatkan kemampuan Public Speaking, yuk ikut One Day Training: Public Speaking For Adult, yang diselenggarakan oleh Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO) pada hari Minggu, 26 November 2023.

Public Speaking For Adult
Public Speaking For Adult

 

Raih Kesempatan Gemilang dengan Kemampuan Public Speaking

DAFTAR SEKARANG, SEAT TERBATAS

Jazakumullah khoir

Sampai jumpa di kelas!

Informasi dan Pendaftaran:

Order online: Klik di sini
Hotline DTEO: Klik di sini

Hotline DT Jakarta: Klik di sini

Instagram DTEO: Klik di sini

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *