RAHASIA MANFAAT DI DALAM MADU

Siapa yang tidak mengenal madu? Dan sudahkah kita mengenali rahasia manfaat di dalam madu?

Sebuah bahan makanan dan obat-obatan yang sudah banyak dikonsumsi sejak peradaban kuno di dunia hingga jaman sekarang. Bahkan di Al-Qur’an pun ada anjuran bagi kaum Muslim untuk mengkonsumsi madu, yaitu di dalam QS An Nahl ayat 68-69:

”Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ”Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia”

Lalu apa saja rahasia manfaat madu bagi kesehatan?

Obat Madu
Sebuah studi yang terbit dalam Journal of American College of Nutrition pada 2010 menemukan bahwa madu dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Konsumsi madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur.

Membuat Tidur Makin Nyenyak
Jika Anda sulit tidur, tak ada salahnya mengonsumsi madu. Melansir dari ND TV Food, madu dapat melepaskan serotonin. Oleh tubuh, serotonin akan dibuah menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur kualitas tidur. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu hangat atau secangkir teh.

Madu Warung DT
Terlihat menggiurkan ya madu hutan ini

Membantu Penyembuhan Luka dan Luka Bakar
Dalam sebuah penelitian ditemukan, madu paling efektif untuk menyembuhkan Iuka bakar dan Iuka parsial yang terinfeksi setelah operasi. Para peneliti percaya, khasiat penyembuhan madu berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya.

Menurunkan Tekanan Darah
Melansir dari Healthline, madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan pada tikus dan manusia menunjukkan sedikit penurunan tekanan darah dengan mengonsumsi madu.

Menjaga Kadar Kolesterol
Madu diketahui dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) sambil secara signifikan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Sebuah studi yang dilakukan pada 55 pasien membandingkan madu dengan gula pasir. Hasilnya, madu menyebabkan penurunan LDL 5,8% dan peningkatan kolesterol HDL 5,5%. Tak hanya itu, konsumsi madu juga menyebabkan penurunan berat badan sederhana 1,5%.

Baik untuk Jantung
Madu diketahui dapat membantu pembesaran arteri di jantung sehingga meningkatkan aliran darah ke jantung. Di samping itu, madu juga dapat mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Mengontrol Berat Badan
Sebuah studi yang terbit dalam Journal of American College of Nutrition pada 2010 menemukan bahwa madu dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Konsumsi madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur.

Masyaa Allah ya sedemikian banyaknya manfaat madu. Mari kita biasakan untuk mengonsumsi madu sebagai salah satu gaya hidup sehat.

Insyaa Allah madu hutan asli dapat didapatkan di Warung DT. Selain madu hutan, juga ada madu yaman dan madu dengan kemasan eco green.

Madu Yaman
Madu Yaman Warung DT
Madu Eco-Green
Madu Eco-Green
Madu Hutan Warung DT
Madu Hutan Warung DT

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.