Mengisi Waktu Liburan Sekolah di Pesantren Kilat (Sanlat) GenBaKu 2022

Liburan sekolah telah tiba. Siswa-siswi telah ramai menerima hasil raportnya, kakak-kakak di tingkat tertinggi sekolah telah diwisuda. Rasa membuncah muncul di dada disambut dengan hati gembira. Ya, libur telah tiba.

Sejumlah rencana kegiatan liburan-pun direncanakan Ayah dan Bunda. Mulai dari wisata keluarga, berkunjung ke rumah saudara, hingga menanam kebun dengan berbagai macam bunga. Alangkah bahagianya.

Namun, waktu libur panjang ini acapkali tak mampu menghindarkan anak-anak dengan gawainya. Beberapa dari mereka malah terpantau lebih asyik dengannya di waktu senggangnya. Ayah Bunda tak perlu gulana, karena kami ada solusinya!

Pesantren Kilat (Sanlat) Generasi Baik dan Kuat (GenBaKu)

Setelah 2 tahun vakum karena keterbatasan ruang gerak di masa pandemi, Alhamdulillah bi idznillah kegiatan ini hadir kembali. Menjadikan liburan tak terlupakan dan lebih berarti.

Pesantren Kilat Gen BaKu Daarut Tauhiid
Pesantren Kilat Gen BaKu Daarut Tauhiid

Apa itu Sanlat GenBaKu

Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat (Sanlat GenBaKu) adalah program reguler dari Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO) yang telah rutin diselenggarakan sejak 2015 dengan tiga kali pelaksanaan setiap tahunnya (saat ramadhan, liburan sekolah, dan liburan akhir tahun). Mengangkat tema pembinaan karakter Baik dan Kuat  dengan nilai-nilai dan budaya khas Daarut Tauhiid, kegiatan ini telah mentransferkan nilai inti tersebut kepada ribuan peserta sejak awal diselenggarakannya.

  • Karakter Baik : Ikhlas, Jujur, Tawadhu
  • Karakter Kuat : Berani, Disiplin, Tangguh

Metodologi Pembelajaran

Powerful Routines Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat

Mengambil lokasi di tempat yang sejuk dan jauh dari polusi udara dan keramaian ibukota, serta menghindarkan anak-anak dari kesibukan dengan gawainya, selama beberapa hari para peserta akan dilatih kemandiriannya dan dibentuk karakter Baik dan Kuat melalui:

  1. Powerful routines: pembiasaan shalat fardhu tepat waktu, shalat rawatib, dhuha, tahajud, sedekah, dan tilawah Qur’an
  2. Kelas-kelas klasikal yang diampu oleh para narasumber yang ahli di bidangnya didampingi oleh Class Leader yang membawa nuansa seru dan interaktif
  3. Pengenalan Manajemen Qolbu khas Daarut Tauhiid untuk usia dini
  4. Mentoring: pengambilan hikmah dan penerapan nilai-nilai Islam melalui kelompok-kelompok kecil bersama fasilitator
  5. Halaqah dan menghafal Al Qur’an, bersama fasilitator
  6. Olahraga: penguatan jasmani dengan berbagai kegiatan fisik, salah satunya dengan olahraga sunnah memanah
  7. Outbond: Berbagai permainan fisik yang menguji ketangkasan dan kekompakan dalam berkelompok, menjadi ajang keceriaan anak-anak
  8. Campcraft: Kegiatan yang mengasah keterampilan anak-anak, dari menggambar dan mewarnai hingga lomba memasak
  9. Muhasabah: Mengajak anak-anak untuk merenung, mendekat pada Rabb-nya, instrospeksi diri, dan memupuk birrul walidain (berbakti kepada orangtua)

Dengan sembilan metodologi pembelajaran tersebut, diharapkan anak-anak memulai perubahan karakternya dari kegiatan ini, untuk dilanjutkan dengan bimbingan orangtua selepas program nanti.

Fasilitas

Grand Cempaka Resorts and Convention

Untuk musim liburan sekolah ini, kegiatan Sanlat GenBaku mengambil tempat di Grand Cempaka Resorts and Convention, Puncak, dan disertai dengan fasilitas-fasilitas terbaik, antara lain:

  1. Akomodasi selama kegiatan
  2. Transportasi Jakarta-Bogor PP
  3. Sanlat kit: slayer, tas serut, hadnbook, pin, pulpen, luggage tag
  4. Konsumsi: sarapan, makan siang, makan malam, coffee break
  5. Sertifikat
  6. Dokumentasi

Jadwal

Panahan di Sanlat GenBaKu DTEO

Kegiatan Sanlat GenBaKu ini dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu

  1. Tingkat Sekolah Dasar: 3 hari 2 malam (terdapat 2 gelombang). Gelombang 1: 26 -29 Juni 2022, Gelombang 2: 29 Juni – 1 Juli 2022
  2. Tingkat SMP-SMA: 6 hari 5 malam, 26 Juni – 1 Juli 2022

Investasi

  1. Tingkat SD: Rp 1.450.000,-
  2. Tingkat SMP-SMA: Rp 2.750.000,-
  • Terdapat biaya pendaftaran Rp 50.000,- yang diakadkan untuk Wakaf Masjid Daarut Tauhiid Serua.

FAQ (Frequently Asked Question)

Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat

  1. Pengantaran dan penjemputan dimana? Saat sudah harus berangkat, Ayah dan Bunda boleh mengantarkan ananda ke Masjid Daarut Tauhiid Jakarta, Jl. Cipaku I No.43, RT.1/RW.4, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan menjemput di titik lokasi yang sama ketika kegiatan telah usai.
  2. Apakah boleh mengantarkan langsung ke lokasi? Bagi peserta yang lokasinya dekat dengan tempat pelaksanaan (Grand Cempaka Resorts and Convention Puncak), boleh mengantarkan ananda langsung ke lokasi (dengan catatan biaya akomodasi dan transportasi tetap).
  3. Apakah anak saya boleh membawa HP? Boleh, dengan catatan HP akan dikumpulkan saat sudah akan dimulai kegiatan, dimatikan selama program, dan dikembalikan saat pulang untuk keperluan berkabar dengan orangtua/wali.
  4. Bagaimana saya tahu anak saya baik-baik saja? Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir, beberapa hari menjelang hari-H akan dibuatkan grup Whatsapp orangtua sebagai tempat panitia berbagi informasi tentang kegiatan putra/putrinya, dan juga akan diberikan waktu untuk menelepon menghubungi ananda via nomor telepon Hotline DTEO.
  5. Bagaimana pembagian kamar tidur? Para peserta akan dibagi-bagi dalam kelompok-kelompok kecil yang didampingi oleh satu kakak Fasilitator, dan akan tidur dalam satu bungalow (rumah-rumah kecil) yang terdiri dari 2-3 kamar beserta kakak fasilitatornya.
  6. Anak saya mendaftar dengan saudara/temannya. Bisakah mereka digabungkan dalam satu kamar/kelompok? Untuk pembagian kelompok, sebaiknya ananda diajarkan dan dilatih untuk berbaur bersama teman-teman baru dari berbagai sekolah, agar lebih luas sila ukhuwahnya, dan lebih muncul potensinya.
  7. Apa saja yang perlu dibawa dan bisakah saya mendapatkan rundown kegiatan? Rundown kegiatan dan juga perlengkapan yang perlu dipersiapkan akan dibagikan dalam grup whatsapp.
  8. Bagaimana jika anak saya sakit? Panitia telah menyediakan tim medis yang siap-siaga untuk peserta, dan orangtua boleh membekali dengan obat-obatan yang biasa dikonsumsi ananda jika perlu.
  9. Bolehkah membekali makanan/snack? Dipersilakan untuk membekali ananda dengan makanan-makanan ringan untuk dikonsumsi di kamar, sedangkan makan berat dan coffee break sudah panitia siapkan.
  10. Bolehkan membekali dengan uang? Dipersilakan bagi orangtua untuk membekali ananda dengan uang untuk program sedekah kepada anak yang kurang mampu dan juga keperluan darurat secukupnya.

Informasi dan Pendaftaran:

  1. Hubungi CS DTEO: klik di sini
  2. Hubungi Humas DT Jakarta: klik di sini
  3. Instagram DTEO: klik di sini
  4. Order online: klik di sini

Loading…


 

Leave a Comment

Your email address will not be published.