Ikrar dan Penandatanganan Akta Wakaf Tanah Baitul Qur’an Banten

Bismillah walhamdulillah pada hari Rabu (31/8/2022 – 3 Safar 1444 H) telah dilaksanakan penandatanganan dan ikrar wakaf sebidang tanah seluas 1185 meter persegi yang dibangun dan digunakan menjadi Baitul Quran DT Peduli Banten yang terletak di Desa Munjul Kecamatan Solear, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten.

Penandatanganan Akta dan Ikrar Wakaf Tanah Baitul Qur'an Banten
Penandatanganan Akta dan Ikrar Wakaf Tanah Baitul Qur’an Banten

Secara harfiah, Ikrar Wakaf adalah pernyataan kehendak Wakif yang diucapkan secara lisan dan/atau tulisan kepada Nadzir untuk mewakafkan harta benda miliknya. Di hari itulah dilakukan prosesi tersebut di antara pihak wakif dan nadzir dari sebidang tanah yang akan digunakan fii sabilillah tersebut.

Acara ini dihadiri oleh pihak wakif, Ibu Hj. Okty Dwi Riza dan Bapak H. Leo Dikari Rustiyanto dan juga pihak nadzir, H. Fahrudin, M.Pd (Ketua Yayasan Daarut Tauhiid), beserta para saksi, H. Edi Junaedi, MA (Kyai Sila Pesantren Daarut Tauhiid Serua) dan Bapak Arsadi (Ketua RW 06 Kp Ranca Gede, Kel/Desa Munjul).

Kegiatan yang berlangsung secara khidmat di KUA Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten ini didampingi oleh jajaran pihak Daarut Tauhiid Jakarta dan Daarut Tauhiid Peduli cabang Banten.

Penandatanganan dan Ikrar Wakaf Tanah Baitul Qur'an Banten
Dari kiri ke kanan: Ustadz Edi Abu Marwa, Ustadz Fahrudin, H. Leo Dikari Rustiyanto, Hj. Okty Dwi Riza, dan Teh Nurmaliza DTP Banten

Dari Rumah Wakaf Baitul Qur’an Banten yang menjadi meeting point rombongan Daarut Tauhiid Jakarta dan rombongan Ust. Fahrudin dari Bandung, kami bergerak dalam 20 menit perjalanan menuju KUA Kecamatan Solear, Banten, yang berada di komplek Kantor Kecamatan Solear. Di sana kami bertemu dengan rombongan Ibu Hj. Okty beserta DT Peduli Banten.

Di dalam kantor KUA, rombongan disambut jajaran pengurus dan langsung memulai prosesi ikrar wakaf yang dipimpin oleh Bapak H. Saepul Hupad, S.Sy. S.H selaku Kepala dan juga Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Solear. Beliau mengawali rangkaian prosesi ikrar wakaf ini dengan penggalan ayat Qur’an, “la`in syakartum la`azidannakum wa la`ing kafartum inna ‘azabi lasyadīd, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Q.S Ibrahim:7)

Dalam forum yang khidmat ini Bapak H. Saepul menyampaikan apresiasi dan doa atas wakif yang telah mewakafkan tanahnya, dan juga mengingatkan kepada semua pihak termasuk pihak nadzir tentang sifat benda wakaf yang tidak boleh dijual, dihibahkan, dan diwariskan. Karena pada dasarnya benda wakaf harus diabadikan dan dimanfaatkan sesuai dengan tujuan wakif.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan akta wakaf oleh pihak wakif (Ibu Hj. Okty), pihak nadzir (H. Fahrudin), dan kedua saksi (Ust. Edi dan Bapak Arsadi). Setelah itu Ibu Hj. Okty membacakan teks ikrar wakaf dengan salinan Akta Ikrar Wakaf Nomor:1393/KUA.28.03.27/WT.4/8/2022.

Alhamdulillah, akta wakaf tanah Baitul Qur'an DT Peduli telah diikrarkan dan ditandatangani
Alhamdulillah, akta wakaf tanah Baitul Qur’an DT Peduli telah diikrarkan dan ditandatangani

Dalam kesempatan ini Ust. Fahrudin menyampaikan taujih bahwa orang yang paling beruntung adalah orang yang dipilih Allah untuk menjadi jalan kebaikan. Hadirnya kita pada pagi hari ini adalah kita ingin dicatat oleh Allah Subhanahuwata’ala terlibat dalam jalan kebaikan. Yang mewakafkan adalah Bapak dan Ibu wakif, tapi hakikatnya di hadapan Allah Subhanahuwata’ala kita akan menjadi saksi kebaikan.

Menukil sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam,

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم : مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim]

“Alhamdulillah alumni dari Baitul Qur’an Banten sekarang sudah menjadi pendakwah. Masya Allah, setiap kali mereka membaca dan menghafal Qur’an, pahalanya mengalir untuk yang menyiapkan tempat dan memfasilitasi kegiatan mereka,” ujar Ust. Fahrudin.

Beliau juga mengutarakan rasa syukur dan kebahagiaan menjadi nadzir wakaf untuk Baitul Qur’an Banten, “Hal ini juga menjadi kebahagiaan untuk kami sebagai nadzir, yang dipilih Allah menjadi jalan lahan wakaf produktif. Mudah-mudahan siapapun yang hadir di sini, para muwakif, jajaran pengurus KUA, dan pihak dari Daarut Tauhiid semoga nanti akan bersama-sama berkumpul di syurga dengan wasilah produktifnya aset wakaf ini, dan manfaat yang diterima para penghafal Qur’an. Aamiin Yaa Rabbal ‘alamiin.

Rombongan lalu bertolak kembali ke Baitul Qur’an untuk ramah tamah dan santap siang, termasuk Ibu Hj. Okty dan Bapak H. Leo. Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri untuk mereka karena bisa menengok kembali lahan yang mereka wakafkan ini sejak terakhir ke sana tahun 2009.

Ramah Tamah dan Santap Siang di Baitul Qur'an Banten
Ramah Tamah dan Santap Siang di Baitul Qur’an Banten

Di akhir perjumpaan, kepada Daarut Tauhiid dan untuk Baitul Qur’an, Ibu Hj. Okty berpesan, “Semoga santrinya tambah banyak, guru-gurunya tambah manfaat ilmunya. Dan semoga Daarut Tauhiid selalu istiqomah menjadi jalan kebaikan untuk ummat.”

Sedangkan dari Bapak H. Wayan Agus Raiyan selaku anggota nadzir berkata, “Tentunya merasa bersyukur karena ini menjadi ladang amal buat kami dalam rangka menerima tanah wakaf tersebut dan tentunya juga sebuah semangat untuk memberikan nilai manfaat dari wakaf yang diamanatkan kepada kami, mudah mudahan menjadi sebuah tantangan kedepan dengan harapan bukan hanya program yang kami tempatkan di sana namun nilai manfaat apa yang bisa diberikan kepada warga dan sekitarnya,”

 

Profile Singkat Tanah Wakaf
Lokasi, Kp. Ranca Gede RT.003 RW. 006 Blok 06 Desa/Kel. Munjul,
Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang Banten

Kamis, 08 Maret 2012
Telah diadakan serah terima ikrar wakaf atas nama wakif Ibu Hj. Okty Dwi Riza yang diwakilkan oleh Bapak Leo dengan Nadzir a.n Poerwanto (Yayasan Daarut Tauhiid Jakarta). Luas Tanah 1.185 M2 (sudah ada bangunan)

Agustus 2012
Daarut Tauhiid Jakarta mengirimkan santri ahlussufa Daarut Tauhiid Serua Indah untuk ditempatkan di lahan area tanah wakaf sejumlah 9 santri dan dipimpin musyrif saat itu (Ustadz Zakaria Alhafidz).

Des. 2017
Renovasi Rumah

Tahun 2017
Pengiriman santri BQ DT Jakarta utk program pengabdian pembinaan santri dan masyarakat, Musyrif Ust. Jazuli, sinergi dengan DTP Banten

Tahun 2019
Program santri BQ Daarut Tauhid (Program kurikulim BQ DT Pusat) untuk santri mukim dan santri binaan warga masyarakat bersinergi dengan DTP Banten. Musyrif Ust. Budi Hidayat.

Tahun 2022
Program santri BQ Daarut Tauhid (Program kurikulim BQ DT Pusat) untuk santri mukim dan santri binaan warga masyarakat bersinergi dengan DTP Banten. Musyrif Ust. Rizky Fauzi

 

Informasi Wakaf

Peruntukan: Pembangunan Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin, Pesantren Daarut Tauhiid Serua

Rekening:

BSI 91.541.05.600
a.n Daarut Tauhiid Jakarta

Konfirmasi: 0878 4000 1041

Leave a Comment

Your email address will not be published.