5 Tempat Belanja Murah di Turki Yang Wajib Sahabat Ketahui

Sahabat, liburan dan belanja layaknya dua sisi koin yang saling menyatu. Bahkan, mungkin sahabat telah sibuk mendaftar apa saja yang akan dibeli sebelum menginjakkan kaki di tempat destinasi wisata. Hal yang sama bisa juga terjadi pada Sahabat saat liburan di Turki dan mencari tempat belanja oleh-oleh murah.

Belanja di Turki
Belanja di Turki

Bagi Sahabat yang liburan dengan budget terbatas, berburu oleh-oleh dengan harga yang murah sepertinya menjadi hal yang wajib. Tak perlu khawatir, Sahabat dapat menemukan tempat belanja murah di Turki. Mau tahu di mana saja tempatnya? Mari simak ulasan Wisata Hikmah berikut ini ya.

1. The Grand Bazaar Istanbul

Kalau ada tempat belanja murah di Turki yang paling melegenda, maka The Grand Bazaar layak untuk menempati urutan pertama. Sebab, hampir semua wisatawan kenal dengan tempat ini dan menjadikan rujukan pertama untuk berbelanja oleh-oleh.

Berlokasi di Istanbul, The Grand Bazaar rupanya pasar tertutup tertua di dunia. Ada banyak sekali jenis barang yang bisa Sahabat temukan di sini. Tidak hanya souvenir umum seperti baju, topi, tas dan lukisan, bahkan Sahabat juga dapat menemukan kerajinan kulit hingga rempah-rempah.

Grand Bazaar in Istanbul - Shop Around a Historic Covered Market - Go Guides

Pasar yang didirikan pada tahun 1455 ini memiliki arsitektur gedung khas turki yang menawan. Sahabat pun dapat berfoto epic di gerbang masuk maupun di lorong pasar. Pasar ini dibuka mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 19.00. Namun, perlu Sahabat ketahui bahwa The Grand Bazaar tutup pada hari minggu dan hari besar. Untuk sampai ke sini Sahabat hanya perlu naik trem dari Bayezid dan lanjut berjalan kaki selama 15 menit saja.

2. Ortakoy Weekend Market

Seperti namanya, tempat belanja murah di Turki yang satu ini hanya buka pada saat akhir pekan tiba. Nah, tidak seperti The Grand Bazaar yang berupa pasar tertutup, Ortakoy Weekend Market ini adalah pasar terbuka di mana para penjual menjajakan dagangannya di masing-masing stand. 

Ortakoy Weekend Market

Ortakoy Weekend MarketBarang-barang yang dijual di sini banyak ragamnya dan unik. Bahkan untuk jenis barang tertentu, seperti kerajinan glass blowing dapat kita lihat proses pembuatannya. Di Ortakoy Weekend Market, perhiasan menjadi salah satu barang yang populer. Sebab, perhiasan ini terbuat dari batu. Modelnya yang tidak pasaran dan khas Turki banget, cocok sekali untuk Sahabat bawa pulang.

Di pasar ini Sahabat dapat melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Untuk menuju Ortakoy, Sahabat hanya perlu naik tram T1 dari Sultan Ahmet sampai ke Kabatas, rute terakhir dari tram ini. Selanjutnya naiklah bus nomor 22, 22RE atau 25, maka Sahabat akan sampai di Ortakoy.

3. İstiklal Caddesi

“Cadessi” dalam bahasa Turki memiliki arti “jalan”. Sesuai dengan bentuknya yang berupa deretan pertokoan di sepanjang jalan. Meskipun berada di sepanjang jalan, tidak ada satupun mobil yang diperbolehkan melintas di sini. Sehingga Sahabat dapat jalan-jalan sambil belanja dengan nyaman.

Turkey, Istanbul, People walking on Istiklal Caddesi road stock photo

Selain wisatawan, masyarakat lokal pun menjadikan Istiklal Caddesi sebagai tempat belanja murah di Turki favorit mereka. Pasalnya, sambil belanja mereka dapat bernostalgia menaiki tramvay. Di samping barang-barang berupa souvenir, Sahabat dapat pula membeli makanan khas Turki seperti  baklava yang nikmat.

4. Spice Bazaar

Pilihan tempat belanja murah di Turki lainnya adalah Spice Bazaar. Tak seperti Ortaköy Weekend Market dan İstiklal Caddesi yang nama pasar dan karakteristiknya sejalan. Meskipun bernama “spice”, nyatanya Spice Bazaar justru sama sekali tidak menjual rempah-rempah.

Di Spice Bazaar barang-barang yang akan Sahabat temui antara lain baju, celana, topi, tas, keju, kopi, teh dan makanan khas Turki. Walaupun harga-harga barang di The Grand Bazaar dijual dengan harga murah, ternyata harga barang di Spice Bazaar lebih murah lho. Tentunya dengan proses tawar-menawar.

Spice Bazaar - Istanbul Tour Studio – Istanbul Guide

Setelah puas berbelanja, Sahabat dapat bersantai sejenak di taman dekat Spice Bazaar. Di taman ini ada burung-burung merpati liar yang biasanya diberi makan oleh orang-orang. Letak taman pun tepat berada di depan Yeni Cami atau The New Mosque. Untuk pergi ke Spice Bazaar Sahabat dapat menaiki tram T1, lalu turun di stasiun Eminonu.

5. Galata Tower

Galata Tower adalah salah satu tempat belanja murah di Turki yang jangan sampai Sahabat lewatkan. Galata Tower atau yang dikenal juga dengan Galata Kulesi merupakan sebagian landmark Turki. Menara batu berbentuk silinder ini berlokasi di distrik Beyoglu, Istanbul.

The Galata Tower: Incredible Views of Istanbul, Turkey

Galata Tower yang dibangun pada tahun 1348 ini dulunya adalah bagian dari benteng koloni Republik Genoa di Konstantinopel. Namun, kini menara bersejarah ini sudah beralih fungsi menjadi salah satu tempat belanja oleh-oleh. Selain berbelanja oleh-oleh, Sahabat dapat makan maupun bersantai di restoran dan kafe yang terdapat di lantai paling atas menara ini. Cocok sekali untuk menikmati indahnya panorama selat Bosphorus dan kota Istanbul dari atas.

Berpose di Grand Bazaar Istanbul
Berpose di Grand Bazaar Istanbul

Kini Sahabat sudah mengetahui 5 rekomendasi tempat belanja murah di Turki. Berburu oleh-oleh dengan budget terbatas pun bukan lagi halangan. Nah. bila Sahabat masih menimbang-nimbang ingin liburan ke Turki dengan agen perjalanan apa, tak perlu sungkan untuk menghubungi Wisata Hikmah ya. Admin kami akan memberikan informasi yang Sahabat butuhkan dan tentunya siap menemani liburan Sahabat.

Informasi Wisata Hikmah Turki

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *