Ayah dan Bunda Wajib Tahu 9 Manfaat Pesantren Kilat Untuk Anak

Pada artikel sebelumnya, Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO) telah membahas kegiatan yang bisa dilakukan agar liburan sekolah bermanfaat. Satu di antaranya adalah dengan mengikuti pesantren kilat.

Pesantren kilat merupakan suatu kegiatan untuk menambah dan memperdalam ilmu agama Islam dalam kurun waktu yang singkat. Biasanya, sekolah-sekolah umum akan mengadakan kegiatan ini di bulan Ramadhan.

3 Manfaat Umum Dari Pesantren Kilat

Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat
Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat

Ayah dan Bunda mungkin bertanya, “Kenapa ya, pesantren kilat selalu diadakan setiap Ramadhan? Memang, apa sih manfaat mengikuti pesantren kilat?” Yuk, cari tahu jawabannya!

  • Meningkatkan Pemahaman Islam

Rata-rata para siswa hanya mendapatkan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) selama 2 jam setiap pekannya di sekolah, maka khusus dalam kegiatan pesantren kilat, siswa akan mendapatkan materi PAI selama sehari penuh. Tentunya, materi yang disampaikan akan lebih beragam dan meningkatkan pemahaman Islam yang dimiliki. Mulai dari materi terkait ibadah sehari-hari, akhlak, sampai perintah dan larangan yang ada dalam Islam.

  • Membiasakan Diri Untuk Menerapkan Islam Dalam Keseharian

Setelah memperoleh ilmu, para siswa akan dibiasakan untuk menerapkan Islam dalam keseharian. Hal yang jelas terlihat dari siswa yang mengikuti pesantren kilat antara lain, membiasakan diri untuk shalat di awal waktu, membaca Al-Quran, berdzikir sebelum dan setelah shalat, menutup aurat dengan sempurna, bersedekah dan makan dengan cukup. Ini adalah awal yang baik untuk membangun habits kedepannya.

  • Menambah Teman Dalam Ketaatan

Lazimnya, kegiatan pesantren kilat di sekolah berlangsung secara serentak. Hal ini memungkinkan para siswa untuk bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru. Memiliki teman yang sama-sama melakukan ketaatan kepada Allah SWT secara tidak langsung akan mempengaruhi pribadi seseorang dan ia jadi lebih mudah melakukannya.

6 Tambahan Manfaat yang Hanya Bisa Diperoleh Jika Mengikuti Sanlat GenBaKu

Berlatih mandiri selama beberapa hari di Sanlat GenBaKu
Berlatih mandiri selama beberapa hari di Sanlat GenBaKu

Ayah dan Bunda, di samping tiga manfaat umum yang didapatkan Ananda dari mengikuti pesantren kilat, DTEO mencoba untuk memberikan nilai dan manfaat lebih kepada Ananda dengan menghadirkan Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat (Sanlat GenBaKu).

Sanlat GenBaKu bertujuan menanamkan dan membina Ananda agar memiliki karakter Baik (jujur, ikhlas dan tawadhu) dan Kuat (berani, disiplin dan tangguh) sesuai dengan nilai-nilai Islam dan budaya khas Daarut Tauhiid. Berikut 6 manfaat tambahan yang bisa diperoleh Ananda jika mengikuti Pesantren Kilat GenBaKu:

  • Menanamkan Kemandirian

Mungkin ketika di rumah, Ananda masih melakukan beberapa hal dengan didampingi atau diingatkan orang tua. Tetapi, saat mengikuti Sanlat, Ananda diharuskan melakukan semua keperluannya, seperti makan, bersih-bersih, dan ibadah secara mandiri.

  • Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Ananda bersama teman-teman akan membentuk kelompok kecil didampingi kakak fasilitator. Di sini Ananda akan belajar membaca, memperbaiki bacaan serta menghafalkan beberapa surah pendek yang ada di dalam Al-Qur’an.

  • Terlatih Dalam Mengelola Hati

Selain pemberian materi terkait agama Islam, Sanlat GenBaKu mempunyai konsep khusus berupa Manajemen Qolbu khas Daarut Tauhiid. Melalui konsep ini, diharapkan Ananda mampu memaksimalkan dan mengarahkan potensi yang dimiliki sebagai manusia.

  • Mengasah Kepekaan Diri

Ananda akan belajar untuk mengambil hikmah dari setiap kegiatan yang dilakukan. Ketika menghadapi suatu kondisi tertentu, Ananda juga diajak untuk selalu merenungkan hal tersebut dan introspeksi diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Menambah Kreativitas

Tak selalu belajar di kelas, Ananda akan melakukan berbagai kegiatan menarik dan menyenangkan yang mampu menambah kreativitas, seperti menggambar, mewarnai, hingga lomba memasak.

  • Membentuk Pribadi Kuat dan Tangguh

Pribadi yang kuat dan tangguh dapat diperoleh dengan cara melatih dan menguji ketangkasan fisik. Di sini Ananda akan melakukan beragam kegiatan olahraga dan permainan berkelompok dengan teman-teman.

 Melalui 9 metodologi pembelajaran yang dilakukan, harapannya Ananda bisa memulai perubahan baik saat pesantren kilat berlangsung dan melanjutkannya dalam keseharian selepas program Sanlat GenBaku selesai. Meski pesantren kilat identik dengan bulan Ramadhan, namun Sanlat GenBaku diadakan tiga kali setiap tahunnya, yaitu pada masa Ramadhan, liburan sekolah dan akhir tahun.

Pada liburan sekolah tahun 2023, Daarut Tauhiid Event Organizer kembali mengadakan acara yang ditunggu-tunggu ini.  Alhamdulillah, sejak diselenggarakan pada 2015, terhitung sudah ribuan peserta yang merasakan manfaat dari pesantren kilat GenBaKu. Beberapa testimoni dan video kegiatan bisa Ayah Bunda lihat melalui akun Instagram @dteventorganizer. Ayah dan Bunda ingin Ananda memperoleh semua manfaat tersebut? Yuk segera daftarkan Ananda pada program Sanlat GenBaKu! 

Informasi dan Pendaftaran:

  1. Hubungi CS DTEO: klik di sini
  2. Hubungi Humas DT Jakarta: klik di sini
  3. Instagram DTEO: klik di sini
  4.  Order Online: klik di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *