Ingin Liburan Sekolah Bermanfaat? Yuk, Ikut Pesantren Kilat!

Masa liburan sekolah seharusnya menjadi waktu yang menyenangkan bagi anak-anak. Sebab, inilah waktu bersantai dari rutinitas sekolah yang penuh dengan berbagai tugas dan kegiatan. Akan tetapi, tidak sedikit orang tua yang justru dibuat khawatir olehnya. Karena, umumnya anak akan menghabiskan waktu yang ada dengan bermain gadget seharian.

Ragam kegiatan yang bisa dipilih

Sebenarnya, ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan agar waktu liburan sekolah menjadi bermanfaat. Mulai dari kegiatan yang dapat menunjang imajinasi dan kreativitas: menggambar dan mewarnai, meningkatkan perkembangan dan keterampilan fisik: berenang dan panahan, melatih kemampuan bersosialisasi: berkenalan dengan teman baru, hingga kegiatan yang menunjang kecerdasan spiritual: tadabur alam dan pesantren kilat.

Ini hanyalah sedikit contoh kegiatan yang dapat menjadi pilihan bagi Ayah dan Bunda agar waktu liburan sekolah Ananda lebih produktif. Namun, tak jarang pilihan yang begitu banyak malahan membuat kita sulit menentukan kegiatan apa yang sebaiknya dilakukan. Sebab, sebagai orang tua pastinya ingin agar anak mendapatkan semua hal positif dari kegiatan yang ada. Kalau bisa, yang “paket lengkap”.

Mau paket lengkap? Coba Sanlat GenBaKu!

Menyadari kekhawatiran yang Ayah dan Bunda rasakan, Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO) mencoba memfasilitasi kebutuhan Ayah dan Bunda dengan membuat satu program khusus untuk adik-adik SD dan kakak-kakak SMP-SMA bernama Sanlat GenBaKu (Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat).

Pesantren Kilat Liburan Sekolah
Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat

Sanlat GenBaku merupakan program yang rutin diadakan oleh DTEO sejak 2015. Selain sebagai alternatif kegiatan mengisi liburan sekolah, program ini bertujuan untuk menanamkan dan membina Ananda agar memiliki karakter Baik (jujur, ikhlas dan tawadhu) dan Kuat (berani, disiplin dan tangguh) berdasarkan nilai-nilai Islam dan budaya khas Daarut Tauhiid.

Ketika mengikuti pesantren kilat, Ananda akan belajar hidup mandiri bersama teman-teman barunya. Pembentukan karakter muslim yang baik dan kuat berusaha kami wujudkan melalui metode pembelajaran dan kegiatan sebagai berikut:

  1. Powerful routines: Pembiasaan shalat fardhu tepat waktu, shalat rawatib, dhuha, tahajjud, sedekah dan tilawah Qur’an.
  2. Kelas klasikal: Pemberian materi pembelajaran oleh para narasumber yang ahli di bidangnya sesuai kebutuhan Ananda dan didampingi oleh Class Leader yang membawa nuansa seru dan interaktif
  3. Manajemen Qolbu: Pengenalan cara mengelola hati khas Daarut Tauhiid, disesuaikan untuk anak dan remaja
  4. Mentoring: Pengambilan hikmah dan penerapan nilai-nilai Islam melalui kelompok-kelompok kecil bersama kakak fasilitator.
  5. Halaqoh dan Menghafal Qur’an: Menghafal beberapa surah dalam Qur’an bersama kelompok masing-masing, didampingi kakak fasilitator
  6.  Olahraga: Penguatan jasmani dengan berbagai kegiatan fisik. Salah satunya dengan olahraga sunnah, yaitu panahan.
  7. Outbond: Melakukan berbagai permainan fisik yang menguji ketangkasan dan kekompakan dalam berkelompok.
  8. Campcraft: Kegiatan yang mengasah keterampilan dari menggambar dan mewarnai, hingga lomba memasak.
  9. Muhasabah: Mengajak untuk merenung, introspeksi diri, dan mendekat kepada Allah subhanahu wa ta’ala, serta memupuk sikap birrul walidain (berbakti kepada orang tua).
Outdoor Activity di Sanlat GenBaKu (di luar program Ramadhan)
Outdoor Activity di Sanlat GenBaKu (di luar program Ramadhan)

Melalui Sembilan metode pembelajaran di atas, diharapkan Ananda memulai perubahan karakternya sejak mengikuti Sanlat, kemudian dilanjutkan secara kontinyu dengan bimbingan Ayah dan Bunda selepas program pesantren kilat nantinya.

Pesantren Kilat GenBaKu dilaksanakan tiga kali setiap tahunnya, yakni saat Ramadhan, liburan sekolah dan liburan akhir tahun. Bagi adik-adik SD, pelaksanaan Sanlat berlangsung selama tiga hari dua malam (3D2N), sedangkan untuk kakak-kakak SMP-SMA selama enam hari lima malam (6D5N). Saat Ramadhan, kegiatan fisik outdoor dikurangi dan lebih banyak indoor.

Alhamdulillah, ribuan peserta sudah merasakan sendiri manfaat dari kegiatan ini. Berikut ada beberapa komentar dari para Bunda yang mengikutsertakan putra-putrinya pada Pesantren Kilat GenBaKu.

Masya Allah, Tabarakallah. Terima kasih kakak-kakak semuanya, alhamdulillah anak saya Akhtar suka sekali ikut program Sanlat ini. Ini cerita di mobil nggak berhenti-henti. Terkesan sekali dan mudah-mudahan membawa sisi positif untuk masa depannya. Aamiin. Akhtar sudah langsung pesan mau ikut program Ramadhan, insya Allah” – Bunda Akhtar

Alhamdulillah, anak-anak happy banget. Malahan Fendra nggak mau pulang. Ucapan terima kasih dari kami sekeluarga untuk seluruh kakak fasilitator dan panitia Daarut Tauhiid yang sudah membimbing dan luar biasa sabar menjaga anak-anak sholih dan sholihah” – Bunda Fendra

Terima kasih banyak kakak fasilitator sudah membimbing Arza selama ini. Sudah memberikan pengalaman yang berharga bagi anak kami. Terima kasih DTEO sudah membuat kegiatan Sanlat bermanfaat ini. Semoga DTEO semakin maju dan berkembang. Aamiin” – Bunda Arza

Sangat menarik, bukan? Kini, Ayah dan Bunda tak perlu lagi merasa cemas waktu liburan sekolah Ananda terlewat dengan percuma. Ayah dan Bunda pun tak perlu lagi bingung memilih kegiatan yang harus dilakukan. Ayo daftarkan  Ananda dalam program Pesantren Kilat GenBaku. Insya Allah, liburan sekolah Ananda tidak hanya bermanfaat, tapi juga berkesan. Untuk pendaftaran dan informasi lainnya, silakan hubungi kami ya.

  1. Hubungi CS DTEO: klik di sini
  2. Hubungi Humas DT Jakarta: klik di sini
  3. Instagram DTEO: klik di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *