6 Karakter yang Dapat Membantu Anak Agar Sukses di Masa Depan

Setiap orang tua tentu ingin melihat anak-anaknya tumbuh menjadi individu yang sukses di masa depan. Sukses bukan hanya sebatas mencapai kemapanan finansial, tetapi juga mencakup kebahagiaan, kesejahteraan dan pencapaian dalam berbagai aspek kehidupan. Terlebih lagi, sebagai seorang muslim sudah semestinya ingin menjadi individu yang sukses baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mencapai hal tersebut, Ayah dan Bunda bisa menanamkan beberapa karakter yang penting untuk dikembangkan pada anak-anak sejak usia dini. Berikut adalah enam karakter yang dapat membantu anak agar sukses di masa depan:

  • Mengedepankan Ikhlas Setiap Melakukan Perbuatan

Ikhlas adalah menjadikan niat atau tujuan melakukan suatu perbuatan hanya untuk Allah subhanahu wa ta’ala. Kadangkala anak-anak melakukan sesuatu hanya karena diperintahkan atau takut dimarahi oleh orang tua. Namun, beda halnya ketika anak memiliki karakter ikhlas. Perbuatan yang mereka lakukan didorong oleh motivasi kuat yang berasal dari diri sendiri.

Keterangan foto tidak tersedia.

Anak-anak tidak melakukan sesuatu untuk mendapatkan pengakuan atau pujian dari orang lain, melainkan karena mereka memiliki keyakinan bahwa setiap perbuatan taat yang dilakukan semata karena Allah akan diberikan balasan terbaik berupa pahala.

 

Motivasi ini akan memberikan dorongan berkelanjutan untuk terus bekerja keras dan berusaha mencapai kesuksesan. Anak yang memiliki karakter ikhlas biasanya tidak akan mudah marah, tidak mudah kecewa, tidak mudah sakit hati meskipun orang lain tidak menghargai kebaikannya.

  • Mengutamakan Kejujuran

Kejujuran adalah karakter penting yang harus dimiliki setiap anak. Anak yang memiliki karakter jujur akan membangun kepercayaan dengan orang lain dan dihormati oleh teman-teman, serta kolega di masa depan. Kejujuran juga membantu anak-anak mengembangkan etika kerja sangat kuat, sehingga mereka tidak mencari jalan pintas atau menggunakan cara curang dalam mencapai kesuksesan.

Keterangan foto tidak tersedia.

Ayah dan Bunda bisa tanamkan kepada anak, bahwa Allah Maha Melihat, sehingga akan tahu setiap kebohongan yang diperbuat. Di sisi lain, orang yang memiliki karakter jujur (shiddiq) memiliki posisi yang mulia di hadapan Allah.

  • Membiasakan Diri Untuk Bersikap Rendah Hati

Dalam Islam, rendah hati disebut dengan tawadhu. Anak-anak dengan karakter rendah hati cenderung lebih terbuka terhadap pembelajaran dan pengembangan diri. Mereka tidak merasa sombong atau puas dengan apa yang sudah mereka tahu. 

Keterangan foto tidak tersedia.

Anak dengan karakter rendah hati akan siap untuk terus belajar, mendengarkan dan menerima masukan dari orang lain. Karakter ini memungkinkan mereka untuk terus berkembang, mengasah keterampilan, dan meningkatkan kemampuan. Ini adalah salah satu karakter yang harus dimiliki untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

  • Berani Mengambil Keputusan

Kesuksesan seringkali mengharuskan diri untuk menghadapi tantangan dan mengatasi rintangan. Memiliki karakter berani akan memudahkan anak-anak dalam menghadapi hal tersebut.

Keterangan foto tidak tersedia.

Berani di sini bukan berarti berani untuk berkelahi, namun berani mengambil keputusan terbaik yang sesuai dengan perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Mereka tidak takut untuk keluar dari zona nyaman dan mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Karakter berani membantu anak-anak melampaui batasan mereka sendiri dan menghadapi tantangan dengan sikap positif.

  • Disiplin Dengan Diri Sendiri

Hal yang terkadang luput dari perhatian orang tua adalah ketidakdisiplinan yang dilakukan oleh anak. Orang tua yang membiarkan anak tidak melakukan sesuatu seperti yang seharusnya, lambat laun akan membuat mereka menjadi lalai dan malas. Padahal, kesuksesan dapat diraih bila seseorang memiliki karakter disiplin.

Keterangan foto tidak tersedia.

Karakter disiplin akan membuat anak belajar mengatur waktu, membuat jadwal, dan mengikuti rutinitas dengan begitu teratur. Kebiasaan yang positif ini akan menjadi landasan yang kuat dalam mencapai tujuan mereka di masa depan. Apabila anak sudah kehilangan sifat disiplinnya, maka ia akan bermasalah dan kelak menghancurkan dirinya sendiri. 

  • Tangguh Dalam Menghadapi Berbagai Situasi

Sukses tidak selalu datang dengan mudah. Anak-anak yang Tangguh memiliki kemampuan untuk menghadapi rintangan dan kegagalan dengan sikap positif. Mereka akan mempunyai pola pikir bahwa semua kesulitan dan kendala merupakan cara Allah subhanahu wa ta’ala meningkatkan kemampuannya.

Keterangan foto tidak tersedia.

Anak yang memiliki karakter Tangguh tidak akan mudah menyerah atau terpengaruh oleh kegagalan, tetapi mereka akan melihatnya sebagai peluang untuk belajar dan bertumbuh. Karakter ini membantu anak untuk mengatasi hambatan, tetap berpegang pada tujuan, dan mencari solusi kreatif ketika menghadapi situasi sulit. Mereka akan belajar untuk menikmati setiap masalah yang ada dan bersedia menikmati segala perubahannya.

Pendidikan Karakter di Sanlat GenBaKu

Menanamkan keenam karakter positif di atas kepada anak merupakan tanggung jawab orang tua di rumah. Namun, bila Ayah dan Bunda ingin agar anak mengembangkan karakter yang telah dibentuk serta didukung oleh lingkungan yang positif, Ayah dan Bunda dapat mengikutkan anak-anak pada program Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat (Sanlat GenBaKu).

Sanlat GenBaku merupakan program reguler Daarut Tauhiid Event Organizer (DT EO) yang rutin diadakan setiap tahun. Melalui 9 metodologi pembelajaran yang ada, anak-anak akan dibentuk dan dilatih untuk memiliki karakter Baik (Ikhlas, Jujur, Tawadhu) dan Kuat (Disiplin, Berani, Tangguh) khas Daarut Tauhiid. Program Sanlat GenBaKu ini tersedia dalam dua kategori, yaitu SD dan SMP-SMA. 

Yuk, Ayah dan Bunda, ikutkan anak-anak dalam program Sanlat GenBaKu. Dengan memiliki karakter yang kuat, anak-anak akan memiliki landasan yang kokoh untuk mencapai kesuksesan di berbagai aspek kehidupan mereka.

 

Informasi dan Pendaftaran:

  1. Hubungi CS DTEO: klik di sini
  2. Hubungi Humas DT Jakarta: klik di sini
  3. Instagram DTEO: klik di sini
  4. Order online: klik di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *