CERMAT MENGAMATI POTENSI ANAK HEBAT

Bagaimana Mengetahui Potensi Anak?

Di masa pandemi saat ini, tentu Orangtua semakin dekat dengan ananda selama di rumah. Melalui aktivitas belajar daring dari rumah, membuat orangtua terjun langsung melakukan aktivitas belajar bersama ananda. Mulai dari berdiskusi bersama, membantu tugas sampai beralih peran menjadi guru bagi ananda. Tentunya menjadikan orangtua lebih mengenali minat dan bakat anak pada jenis pelajaran tertentu dan hobi tertentu.

Kenali Potensi Anak Sejak Dini

Mengetahui potensi ananda tentunya merupakan hal penting bagi orangtua. Dengan mengidentifikasi minat, bakat dan kemampuan, anak dapat diarahkan dan berkembang sesuai dengan optimal sesuai kapabilitasnya. Menggali potensi ananda juga penting bagi orangtua, karena kecerdasan anak tidak hanya diukur dari nilai inteligensi (IQ) saja, tetapi minat dan bakat juga mampu mengantarkan ananda kepada prestasi yang membanggakan.

Howerd Gardner mencoba membuktikan bahwa nilai IQ yang tinggi tidak menjamin kesuksesan seseorang di masa mendatang. Masih banyak anak yang sukses di dunia dengan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Nah bagaimana sih mengetahui potensi ananda?

Pahami Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki gaya belajar yang beragam dan tentunya yang paling mereka sukai. Diantaranya ada anak yang lebih senang dibacakan materi atau mendengarkan, ada anak yang lebih suka membaca, ada pula anak yang lebih senang belajar melalui praktik langsung. Gaya belajar ini penting diketahui Orang tua untuk diterapkan di rumah agar anak mendapatkan prestasi yang optimal.

Ayah, Bunda, belajar itu tidak selalu harus tekun di depan textbook/monitor ya...

Identifikasi Kecerdasan Anak

Melakukan identifikasi kecerdasan anak bertujuan untuk mengasah kemampuan unggul sang anak. Identifikasi potensi atau kecerdasan anak dapat dilihat dari tabel berikut ini :

Kecerdasan

1. Verbal / Linguistik
2. Logis / Matematis 
3. Visual / Spasial
4. Musikal / Ritmis 
5. Kinestetik / Fisik
6. Naturalis / Alamiah
7. Interpersonal
8. Intrapersonal
9. Eksistensial 

 

Terampil Dalam Hal

1. Membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, kosa kata
2. Bilangan, logika, penghitungan, analisis, sintesis
3. Perancang, perencanaan, warna, rinci
4. 
Bermain drama, mengomposisi lagu, menyanyi, main musik
5. 
Keterampilan motorik
6. 
Fenomena dan dunia alamiah
7. 
Hubungan antara manusia, berkomunikasi
8. 
Introspeksi, memahami perasaan orang lain, Iman
9. 
Memahami eksistensi manusia terkait: emosi, tindakan, tanggung jawab, pemikiran, makna eksistensi dan tujuan hidupnya

(Sumber : Raising Smarter Children: Develop Your Child’s Many Ways Of Being Smart)

Dari tabel di atas, orangtua dapat mengetahu jenis kecerdasan ananda. Terlebih jika orangtua berkenan untuk melakukan aktivitas belajar bersama mereka. Jika ananda memiliki kecerdasan visual, maka ananda bisa menjadi perancang atau desainer grafis. Ananda juga bisa menjadi Yuma Soerianto yang dipuji bos Apple karena keahlian pemrogramannya jika kecerdasan matematisnya dapat dikembangkan oleh orangtua

Di sinilah DTEO Berperan

Di sinilah peran kami. Sebagai Lembaga Pelatihan yang sudah berkiprah sejak 2016 dan melebarkan sayap dalam bidang Online Training selama masa pandemi, Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO) telah mengadakan belasan program kursus hardskill dan softskill dengan ratusan peserta yang tersebar dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri!

Dengan DTEO, orangtua bisa mendukung kemampuan dan potensi terbaik yang bisa dimiliki ananda.

Public Speaking For Kids

Mengasah Potensi: Verbal, Kinestetik, Interpersonal, Eksistensial

Public Speaking For Kids

Si Kecil suka ikut lomba? Hobi berbicara di depan umum dan ada potensi untuk menjadi public speaker?

Kini saatnya orbitkan mereka untuk menjadi PUBLIC SPEAKER CILIK! Pelajari teknik berbicara dan cara melawan kegugupan berbicara di depan umum di sini!

Keceriaan Peserta Public Speaking For Kids
Keceriaan Peserta Public Speaking For Kids

Coding Class

Mengasah potensi: Logis, Matematis, Visual, Intrapersonal

Si Kecil sangat alamiah berpikir logis, kritis terhadap segala hal, pintar dalam menghitung dan logika, serta selalu ingin menciptakan solusi (membuat aplikasi, mungkin) atas permasalahan yang sedang dihadapi? Asah curiousity, logical & analytical thinking mereka di kelas Coding. Tersedia program Game Design untuk usia 8-12 tahun, dan Apps Inventor untuk usia 13-17 tahun.

Anak-anak belajar memahami pemrograman dalam Coding Class For Kids
Anak-anak belajar memahami pemrograman dalam Coding Class For Kids

Tunggu apalagi? Daftar program-program menarik ini sekarang!

Robotics For Kids

Mengasah Potensi: Logis, Visual, Kinestetik

Siapa bilang membuat robot hanya bisa dilakukan oleh para ilmuwan? Siapa tahu, ananda-lah ilmuwan robot masa depan! Bagi anak-anak yang suka utak-atik mainan, atau elektronik sederhana, tertarik dengan obeng dan lain-lain, maka kelas Robotics akan menjadi playground dan media belajar yang sangat mengasyikkan!

Robot Pertamaku!
AKu Berhasil Membuat Robot Pertamaku!

Di kelas ini, Ananda akan dikirimi Robo kit, kemudian belajar konsep elektronika sederhana, dan merakit robo kit dengan bahan pendukung yang ada di rumah!

Robo Kit

Canva For Kids

Mengasah Potensi: Verbal, Visual, Eksistensial

Ingin melihat bagaimana kreatifnya putra-putri Anda? Ikutkan ke dalam 2 sesi kelas Canva, insya Allah kita semua akan terkejut melihat hasil karya anak-anak yang lucu dan penuh imajinasi!

Bagaimana, banyak pilihan kegiatan untuk menemani belajar dan meningkatkan potensi ananda mulai saat ini, ‘kan? Ayo segera daftarkan putra-putri Ayah Bunda, karena SEAT TERBATAS.

Isi form di bawah ini, ya…

Loading…

Leave a Comment

Your email address will not be published.