Carilah Ridho Allah Bukan Ridho Manusia

Mencari Ridho Allah
Mencari Ridho Allah

Ridho Allah di atas segalanya. Syaikhul Islam berkata, “Merupakan perkara yang wajib untuk diketahui bahwasanya –menurut akal sehat dan menurut agama- tidak diperbolehkan mencari keridoan para makhluq, karena dua hal:

Pertama : Hal ini adalah suatu perkara yang tidak mungkin untuk bisa dicapai sebagaimana perkataan Imam Asy-Syafi’i, رِضَا النَّاسِ غَايَةٌ لاَ تُدْرَكُ “Ridho manusia merupakan tujuan yang tidak bisa tercapai” maka hendaknya engkau mencari perkara yang baik bagimu, lazimilah perkara tersebut, dan tinggalkan yang selainnya dan janganlah engkau bersusah-susah untuk memperolehnya.

Kedua : Sesungguhnya kita diperintahkan untuk senantiasa mencari keridhoan Allah dan Rasul-Nya sebagaimana firman Allah :

[وَاللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَقُّ أَنْ يُرْضُوهُ} [التوبة: 62}

Allah dan Rasul-Nya yang lebih berhak untuk mereka cari keridhoan-Nya (QS 9:61)

Maka wajib bagi kita untuk takut kepada Allah, dan hendaknya kita tidak takut kepada siapapun kecuali hanya kepada Allah.

Hal ini sesuai dengan yang selalu guru kita ingatkan, bahwa tidak penting untuk merasa ingin dinilai baik, dihormati, dipuji, dan dilayani oleh manusia. Asal Allah ridho kita menjadi hambaNya. Asal ridho Allah kita dapat.

Wallahu a’lam bisshawab.

Artikel dakwah lainnya di sini.

www.dtjakarta.or.id

#ridhoAllah #tauhid #kajian #kajianislam #phi #pengingathariini #daaruttauhiidjakarta #daaruttauhiid #islamicquote #islamicreminder #islam #dakwah #islami #dakwahislam #islamrahmatanlilalamin

Leave a Comment

Your email address will not be published.