Mengisi Waktu Saat Pandemi Kembali Meninggi, Anak-anak Belajar Desain Grafis dari Rumah

DTJAKARTA.OR.ID| Kasus harian Covid-19 di Indonesia kembali meninggi, seiring merebaknya varian Omicron di tengah-tengah masyarakat. Hal ini membuat keluarga-keluarga Indonesia harus lebih ketat penjagaan terhadap kesehatan, dan harus kembali lebih sering beraktivitas di rumah, yang tak jarang membuat jenuh anak-anak.

Fenomena kejenuhan berada di rumah, membuat Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO), sebuah unit di bawah DT Jakarta yang bergerak di bidang pendidikan, sejak tahun kemarin tergerak untuk membuat fasilitas belajar online yang menyenangkan untuk anak-anak.

Salah satunya adalah kelas Canva For Kids. Di awal bulan Februari 2022, kelas yang fokus pada pelatihan softskill desain grafis untuk anak-anak ini kembali diadakan untuk yang ke-8 kalinya. Kelas ini diadakan secara daring via Zoom dan bisa diikuti oleh peserta dari berbagai daerah bahkan lintas negara.

canva for kids

Kelas yang dari tahun lalu telah diikuti oleh lebih dari 200 peserta ini menjanjikan para peserta bisa mengenal, mengulik, dan terus berkreasi dengan Canva hanya dengan 2 kali pertemuan saja. Diampu oleh tutor Kak Ifa, seorang desainer grafis DT Jakarta, adik-adik dibimbing langsung praktek dan menghasilkan 3 project (design by template, video animasi, dan poster Public Service Announcement) yang akan dikumpulkan ke grup Whatsapp dan dinilai oleh tutor. Tidak hanya praktek, adik-adik juga dikenalkan dengan dasar teori, kegunaan, serta bidang keprofesian desainer grafis.

Selain melatih imajinasi dan kreativitas, salah satu tujuan belajar desain grafis sedari dini adalah bisa membuat anak-anak lebih ekspresif. Tujuan ini diwujudkan dalam project video animasi membuat A Day in Life. Tangan-tangan lucu mereka mulai bergerak mengulik mouse dan keyboard, berkreasi menceritakan kegiatan mereka sehari-hari, memilih berbagai elemen lucu untuk meramaikan desain mereka, ditutup dengan lagu yang ada tersedia secara gratis di Canva.

Dan ini adalah contoh project-nya:

Sungguh lucu ya, hasil karyanya.

Berbagai komentar positif-pun DTEO terima setelah pertemuan pertama. “Seru banget, kaya main game,” ujar Syifa dari Tangerang. “Kaya lagi ngedit,” ucap Naufal dari Palembang. “Seru, kakaknya juga ramah,” tambah Aleyva dari Jakarta.

Kelas Canva For Kids diadakan dua kali pertemuan di hari Ahad pada Pk. 09.00-11.00 WIB. Daftarkan putra-putri Ayah Bunda di kelas selanjutnya.

Klik link di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.