Kenalan dengan Amasya, Kota Kelahiran Para Pangeran Turki

Amasya, Kota Kecil di Turki Penuh Sejarah Kerajaan

Sahabat, pernahkah Sahabat mendengar tentang Amasya? Amasya merupakan sebuah kota kecil yang juga menjadi ibukota dari Provinsi Amasya, Turki. Kota yang dihuni oleh 100 ribu lebih penduduk ini berada di utara Turki, tepatnya di dekat Laut Hitam.

Sebagian orang boleh jadi belum familiar dengan Amasya sebagai destinasi wisata di Turki. Sebab, seperti yang diketahui, kota popular yang kerap menjadi incaran para wisatawan ketika liburan ke Turki umumnya adalah Istanbul, Cappadocia, atau Ankara. Namun, Amasya juga tak kalah menarik lho, Sahabat. Berikut ulasan Wisata Hikmah tentang Amasya yang disajikan khusus untuk Sahabat. Simak terus ya!

Kota Kecil nan Unik dengan Panorama yang Indah

Salah satu faktor yang menjadi daya tarik para wisatawan ketika hendak berkunjung ke suatu daerah adalah panoramanya, begitu pula dengan Amasya. Letak kota ini bisa dibilang unik, karena ia terletak di area lembah yang dikelilingi oleh pegunungan berbatu. Hal lain yang menjadikan Amasya memiliki panorama indah adalah adanya sungai berwarna hijau (Yesilirmak) yang membentang di tengah kota.

Rumah yang Memiliki Dua Daun Pintu

Di samping keunikan panorama alam yang ada, rumah-rumah dengan gaya arsitektur khas Ottoman yang berada di tepi sungai juga turut memperindah kota Amasya. Rumah-rumah di sini disebut “Cumbali Evler”, yaitu rumah-rumah dengan jendela ceruk (bagian yang masuk ke dalam).

Satu hal yang mungkin tidak akan Sahabat temukan selain di Amasya adalah adanya dua daun pintu yang terpasang di tiap rumah. Satu daun pintu berukuran besar dan satunya berukuran kecil. Perbedaan ukuran daun pintu bukannya tanpa maksud, melainkan untuk mengenali siapa tamu yang datang. Jika tamu yang datang adalah perempuan, maka dia akan mengetuk dengan daun pintu yang kecil, sedangkan jika tamunya laki-laki, maka yang diketuk adalah daun pintu yang besar.

Kota dengan Banyak Masjid

Selain itu, di Amasya Sahabat akan menemukan banyak masjid. Masjid di sini kebanyakan dibangun pada masa Daulah Utsmaniyah. Banyaknya masjid juga merupakan penanda bahwa keimanan masyarakat pada masa itu sangatlah tinggi. Sultan Bayezid II Camii merupakan salah satu contohnya. Masjid ini dibangun antara tahun 1485-1486 atas perintah langsung dari Sultan Bayezid II.

Kawah Candradimuka Bagi Para Pangeran Turki

Tahukah Sahabat? Pada masa Daulah Utsmaniyah, atau disebut juga Kesultanan Turki (Ottoman Empire), sebelum para pangeran mengemban tugas menjadi penguasa negara, mereka dididik dan ditempa di Amasya. Inilah yang menjadikan Amasya dikenal sebagai Kota Kelahiran Para Pangeran Turki (Sehzade Lazery).

Pendidikan yang mereka lalui di antaranya belajar di madrasah, pelatihan di akademi militer hingga memulai karirnya sebagai gubernur di sini. Seperti yang dilalui oleh Mehmed II bin Murad atau Muhammad Al-Fatih, sebelum akhirnya menjadi Sultan Turki Utsmani yang berhasil menaklukkan Konstantinopel. Maka tidak heran jika Sahabat menemukan banyak madrasah (sekolah), salah satunya Buyuk Aga Madrasah.

Makam Para Raja Era Pontic

Amasya tidak hanya lekat kaitannya dengan sejarah masa kejayaan Islam, namun juga sejarah masa kejayaan Yunani. Jika keluar pusat kota Amasya, maka sahabat akan menemukan Pontic Kings Rock Tombs.

Pontic Kings Rock Tombs merupakan area makam para raja masa kerajaan Pontus. Ciri khas perkuburan di sini yaitu makamnya yang dipahat dari batu dengan berbagai ukuran. Berlokasi di perbukitan batu, area ini dulunya didiami oleh bangsa Helenistik sekitar tahun 183 SM.

Tidak seperti kebanyakan area pekuburan yang memiliki nuansa seram. Pontic Kings Rock Tombs justru memiliki kesan megah karena dipahat dari batu dan lokasinya yang berada di bukit. Inilah yang juga menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Amasya.

Bagaimana, Sabahat? Tak perlu selalu mengunjungi kota besar saat liburan ke Turki. Kota kecil seperti Amasya nyatanya juga memiliki keunggulan tersendiri dan layak dijadikan sebagai destinasi wisata, bukan?

Sahabat juga dapat mengunjungi Amasya dalam program liburan ke Turki bersama Wisata Hikmah. Jangan ragu untuk menghubungi Wisata Hikmah ya Sahabat. Admin Wisata Hikmah siap mengakomodasi perencanaan liburan Sahabat di Turki!

Mau ke Turki? Hubungi Wisata Hikmah

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *