Ramadhan Berkesan, Daftar Sanlat GenBaKu Ramadhan 2023

“Untuk bulan Ramadhan ada Sanlat lagi nggak ya, Kak?”

“Sanlat Ramadhan ada nggak, Kak?”

“Sanlat GenBaKu kapan ada lagi, Kak?”

Bertubi-tubi pertanyaan senada dari para Bunda diterima oleh tim Daarut Tauhiid Event Organizer (DTEO) di masa-masa mendekati bulan Ramadhan ini. Maklum, karena tahun lalu masih di masa pandemi sehingga DTEO belum mengadakan kembali Sanlat Ramadhan secara offline (diadakan Sanlat Virtual secara online by Zoom).

Ya, alhamdulillah kita menyongsong bulan Ramadhan. Ramadhan segera tiba. Bulan nan penuh berkah dan ampunan ini segera menyapa. Bulan dimana umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba mempersiapkan amalan terbaiknya, dan menjadikannya sebagai bulan menempa dan membiasakan diri dengan ibadah yang lebih dari bulan-bulan yang lain, untuk meraih ridho Allah Ta’ala.

Dengan alasan itulah Sanlat GenBaKu Ramadhan hadir. Program ini dihadirkan agar ramadhan anak-anak terasa lebih berkesan.

Sanlat Ramadhan
Sanlat Ramadhan

Mengapa Lebih Berkesan?

Mungkin bagi ananda, Ramadhan ini adalah masa latihan untuk dirinya. Dengan berpuasa, mereka  mendapatkan pelajaran berharga. Bagaimana tidak? Tatkala berpuasa, kita merasakan bagaimana rasanya lapar, bagaimana rasanya haus, bagaimana rasanya lemah, letih, lesu, dan lain sebagainya. Namun bersama itu semua, tumbuh juga rasa kebahagiaan tatkala berbuka, dan tatkala Allah ridho kepada kita.

Sanlat GenBaKu Ramadhan menemani hari-hari ananda berpuasa, berlatih menempa diri secara ruhiyah dan jasadiyah agar menjadi anak muslim yang baik dan kuat. Bersama teman-teman dan kakak-kakak fasilitator, ananda akan menghabiskan waktu ramadhan dengan berbagai kesibukan yang menyenangkan dan bermanfaat.  Terlebih ini adalah ramadhan pertama yang bebas dari segala aturan ketat masa pandemi. Jadi lebih berkesan dan tak terlupakan, bukan?

Sanlat GenBaKu Ramadhan

Metodologi Pembelajaran

Mengambil lokasi di tempat yang sejuk dan jauh dari polusi udara dan keramaian ibukota, serta menghindarkan anak-anak dari kesibukan dengan gawainya, selama beberapa hari di bulan Ramadhan para peserta akan dilatih kemandiriannya dan dibentuk karakter Baik dan Kuat melalui:

  1. Powerful routines: pembiasaan shalat fardhu tepat waktu, shalat rawatib, dhuha, tahajud, sedekah, dan tilawah Qur’an
  2. Kelas-kelas klasikal yang diampu oleh para narasumber yang ahli di bidangnya didampingi oleh Class Leader yang membawa nuansa seru dan interaktif
  3. Pengenalan Manajemen Qolbu khas Daarut Tauhiid untuk usia dini
  4. Mentoring: pengambilan hikmah dan penerapan nilai-nilai Islam melalui kelompok-kelompok kecil bersama fasilitator
  5. Halaqah dan menghafal Al Qur’an, bersama fasilitator
  6. Fun games & archery: peregangan jasmani dengan berbagai kegiatan fisik yang ringan, salah satunya dengan olahraga sunnah memanah
  7. Campcraft: Kegiatan yang mengasah keterampilan anak-anak, dari menggambar dan mewarnai hingga lomba memasak
  8. Muhasabah: Mengajak anak-anak untuk merenung, mendekat pada Rabb-nya, instrospeksi diri, dan memupuk birrul walidain (berbakti kepada orangtua)

Dengan metodologi pembelajaran tersebut, diharapkan anak-anak memulai perubahan karakternya dari kegiatan ini, untuk dilanjutkan dengan bimbingan orangtua selepas program nanti.

Fasilitas

Grand Cempaka Resorts and Convention

Untuk musim liburan sekolah ini, kegiatan Sanlat GenBaku mengambil tempat di Grand Cempaka Resorts and Convention, Puncak, dan disertai dengan fasilitas-fasilitas terbaik, antara lain:

  1. Akomodasi selama kegiatan
  2. Transportasi Jakarta-Bogor PP
  3. Sanlat kit: slayer, tas serut, hadnbook, pin, pulpen, luggage tag
  4. Konsumsi: sarapan, makan siang, makan malam, coffee break
  5. Sertifikat
  6. Dokumentasi

Jadwal

Panahan di Sanlat GenBaKu DTEO

Kegiatan Sanlat GenBaKu ini ditujukan untuk anak-anak SD-SMP-SMA dan semuanya diselenggarakan dalam waktu 3 hari 2 malam pada tanggal: 15-17 April 2023

Investasi

Rp 1.550.000,-

  • Terdapat biaya pendaftaran Rp 50.000,- yang diakadkan untuk Wakaf Masjid Daarut Tauhiid Serua.

FAQ (Frequently Asked Question)

Pesantren Kilat Generasi Baik dan Kuat

  1. Pengantaran dan penjemputan dimana? Saat sudah harus berangkat, Ayah dan Bunda boleh mengantarkan ananda ke Masjid Daarut Tauhiid Jakarta, Jl. Cipaku I No.43, RT.1/RW.4, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan menjemput di titik lokasi yang sama ketika kegiatan telah usai.
  2. Apakah boleh mengantarkan langsung ke lokasi? Bagi peserta yang lokasinya dekat dengan tempat pelaksanaan (Grand Cempaka Resorts and Convention Puncak), boleh mengantarkan ananda langsung ke lokasi (dengan catatan biaya akomodasi dan transportasi tetap).
  3. Apakah anak saya boleh membawa HP? Boleh, dengan catatan HP akan dikumpulkan saat sudah akan dimulai kegiatan, dimatikan selama program, dan dikembalikan saat pulang untuk keperluan berkabar dengan orangtua/wali.
  4. Bagaimana saya tahu anak saya baik-baik saja? Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir, beberapa hari menjelang hari-H akan dibuatkan grup Whatsapp orangtua sebagai tempat panitia berbagi informasi tentang kegiatan putra/putrinya, dan juga akan diberikan waktu untuk menelepon menghubungi ananda via nomor telepon Hotline DTEO.
  5. Bagaimana pembagian kamar tidur? Para peserta akan dibagi-bagi dalam kelompok-kelompok kecil yang didampingi oleh satu kakak Fasilitator, dan akan tidur dalam satu bungalow (rumah-rumah kecil) yang terdiri dari 2-3 kamar beserta kakak fasilitatornya.
  6. Anak saya mendaftar dengan saudara/temannya. Bisakah mereka digabungkan dalam satu kamar/kelompok? Untuk pembagian kelompok, sebaiknya ananda diajarkan dan dilatih untuk berbaur bersama teman-teman baru dari berbagai sekolah, agar lebih luas sila ukhuwahnya, dan lebih muncul potensinya.
  7. Apa saja yang perlu dibawa dan bisakah saya mendapatkan rundown kegiatan? Rundown kegiatan dan juga perlengkapan yang perlu dipersiapkan akan dibagikan dalam grup whatsapp.
  8. Bagaimana jika anak saya sakit? Panitia telah menyediakan tim medis yang siap-siaga untuk peserta, dan orangtua boleh membekali dengan obat-obatan yang biasa dikonsumsi ananda jika perlu.
  9. Bolehkah membekali makanan/snack? Dipersilakan untuk membekali ananda dengan makanan-makanan ringan untuk dikonsumsi di kamar, sedangkan makan berat dan coffee break sudah panitia siapkan.
  10. Bolehkan membekali dengan uang? Dipersilakan bagi orangtua untuk membekali ananda dengan uang untuk program sedekah kepada anak yang kurang mampu dan juga keperluan darurat secukupnya.

Informasi dan Pendaftaran:

  1. Hubungi CS DTEO: klik di sini
  2. Hubungi Humas DT Jakarta: klik di sini
  3. Instagram DTEO: klik di sini
  4. Order online: klik di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *